Ini Hasil Sepuluh Hari Terakhir Sidak Prokes Tim Gabungan Polres Bangli

Kamis, 26 November 2020, 14:24 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Bangli - Penerapan protokol kesehatan (prokes) demi memutus penyebaran Covid-19 (virus corona) di tanah air terus digencarkan, tak terkecuali di Kabupaten Bangli. 

Selama sepuluh hari terakhir, terhitung dari 16 November hingga 25 November 2020, tim yustisi gabungan yang diawaki Polres Bangli, Kodim 1626/Bangli, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli berhasil menindak 1.056 orang warga yang melanggar. 

Tampak berbagai macam sanksi pun dilayangkan, mulai teguran tertulis, lisan, fisik hingga sanksi sosial. 

Sebagaimana data yang tercatat di kepolisian, jumlah sanksi teguran lisan sebanyak 501 orang, tertulis 344, fisik 80, dan sanksi sosial 128 orang. 

Untuk yang fisik, petugas lebih banyak mengenakan gerakan push-up atau jongkok bangun. Sedangkan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya atau menghafal Pancasila, dan sanksi denda Rp 100 ribu, nihil.

Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan menegaskan, kegiatan sidak prokes ini rutin dilakukan tiap hari dengan menyasar tempat-tempat umum. Seperti pasar tradisional, pasar modern, komplek pertokoan, komplek pemukiman, tempat ibadah, jalan raya, tempat obyek wisata, dan terminal. 

"Hari ini pun (Kamis, 26/11) tim masih bergerak menyasar Jalan Merdeka depan Terminal Loca Crana termasuk hingga Pasar Kidul, Bangli," ungkap Kapolres Kamis (26/11/2020)

Pihaknya pun cukup menyayangkan. Pasalnya, kendati sidak prokes ini sudah tiap hari dilakukan dibarengi dengan sosialisasi dan imbauan, namun pelanggaran dari warga tetap saja ada.

"Hari ini (Kamis), ada empat warga yang kedapatan melanggar. Tiga orang tidak memakai masker dan satu orang salah memakai masker," sebut mantan Kapolres Mappi, Papua ini.*

(Iskandar/Lilik)

TerPopuler