Koramil Dringu Bersama Aparat Desa Siaga Banjir di Musim Penghujan

Sunday, November 29, 2020, 10:39 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Desa Dringu adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, berbatasan langsung dengan wilayah Kota Probolinggo. Setiap musim penghujan tiba selalu menjadi langganan banjir, terutama banjir ROB yang diakibatkan pasangnya air laut bertepatan hujan deras turun terutama dari daerah bagian atas Kabupaten Probolinggo.

Sehingga Desa Dringu yang dibelah oleh sungai kedunggaleng sering tidak bisa menampung luapan air karena terhambat naiknya air laut di Dusun Bandaran Desa/Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

"Untuk mengantisipasi banjir yang setiap musim penghujan terjadi, Koramil 0820/22 Dringu dan Pemerintah Desa Dringu bersinergi untuk mencari solusi terbaik meminimalisir kerugian yang dialami masyarakat," kata Sersan Kepala Sugito kepada Snipers.News, Minggu (29/11/2020) pagi.

Babinsa Desa Dringu ini selalu aktif mengecek kondisi sungai Kedunggaleng, terkadang Serka Sugito juga bersama perangkat desa untuk memberikan himbauan kepada warga yang tinggal disekitar bantaran sungai agar tidak membuang sampah ke sungai dan mengajak masyarakat untuk peduli dengan kebersihan dipinggiran sungai terutama dengan tumbuhan liar yang dapat menghambat aliran sungai.

"Kami juga melakukan perbaikan tanggul yang jebol bersama masyarakat sekitar akibat banjir dimusim penghujan yang lalu," terangnya.

Ditempat terpisah, Danramil Dringu, Kapten Kavaleri Maulana Djoko Samakta mengatakan, dalam menghadapi musim hujan seperti saat ini, bukan hanya Desa Dringu yang biasa terdampak banjir tapi semua wilayah harus terpantau oleh Babinsa dan harus melaporkan dengan cepat apabila terjadi hal yang menonjol seperti halnya bencana banjir.

"Personil wajib peka situasi diwilayah binaannya, untuk mengantisipasi dan meminimalisir adanya korban ketika banjir datang," pungkas Kapten Djoko.*

(Taufiq)

TerPopuler