Cek Kesiapan Dalam Menghadapi Pilkada, Kasdam IX/Udayana Ikuti Rakor Satgas Covid-19 Nasional

Senin, 07 Desember 2020, 12/07/2020 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dibantu TNI-Polri sangat fokus dalam menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah adalah mensosialisasikan 3M dan mendisiplinkan masyarakat dengan mematuhi Protokol Kesehatan, serta memastikan kesiapan Rumah Sakit termasuk fasilitas pelayanan kesehatan terutama dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah secara serentak.

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, mengikuti Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung Ketua Satuan Tugas Nasional Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, di Ruang Yudha Puskodalopsdam IX/Udayana, pada Minggu (6/12/2020) malam.

Rakor yang digelar secara video conference (Vidcon) tersebut, membahas tentang Penegakan Protokol Kesehatan dan memastikan Kesiapan Rumah Sakit serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan termasuk dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah. Rakor diawali dengan paparan dari Ketua Bidang Data dan TI STPC19 (Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19) yang menyampaikan tentang update data kasus Covid-19 diseluruh Indonesia.

Selanjutnya, Dirjen P2P (Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit) yang berkolaborasi dengan Kemenkes, Dinkes dan Satgas Covid 19 untuk menyamakan persepsi dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada Obyek Vital Negara. Diharapkan semua pihak harus tetap bersatu padu untuk melakukan penanganan secara baik sehingga hasilnya akan lebih baik.

Kemudian Pelayanan Kesehatan memaparkan tentang update kondisi RS saat ini dalam menghadapi lonjakan kasus khususnya pasca Pilkada serentak. Kemudian membuka laporan dari masing-masing Dinas Kesehatan pada 10 Provinsi prioritas dengan penanganan topic data terkini (tingkat positif, tingkat kematian), kesiapan RS dan Fasilitas  Pelayanan Kesehatan daerah dalam menghadapi pelonjakan kasus Covid-19, serta langkah-langkah antisipasi dan strategi Satgas Covid-19 daerah dalam pelaksanaan Pilkada. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM., dalam paparannya menjelaskan yang intinya bahwa Penanganan Pencegahan dan Penyebaran Covid-19, pihaknya terus koordinasi dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri, termasuk pihak yang terkait lainnya dalam Penegakan Protokol Kesehatan secara terpadu guna mendisiplinkan masyarakat Provinsi Bali untuk mematuhi Protokol kesehatan. Sedangkan dalam menghadapi Pilkada serentak, Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga telah menyiapkan RS dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang ditunjuk pemerintah Bali, yang akan digunakan sebagai tempat karantina terpusat untuk menampung dalam penanganan pasien positif Covid-19.

Sementara itu, Paparan dari Koordinator Tim Pakar Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (STPC-19), menyampaikan tentang Kajian Kepakaran STPC-19, termasuk Kajian Kepemimpinan Kolaboratif dalam menghadapi dan menanggulangi penyebaran Covid-19 serta  Perwakilan Pengurus PB IDI (Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia) mengharapkan agar kepada Pemimpin Daerah untuk melindungi Dokter dan Nakes didaerahnya masing-masing yaitu dengan cara mengurangi Pasien yang terdampak Covid-19 di Rumah Sakit dengan selalu menegakkan Protokol Kesehatan dan mensosialisasikan 3M dan menjauhi kerumunan.

Sebelum mengakhiri Rakor tersebut, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, menyampaikan pesan terkait Penegakan Protokol Kesehatan agar lebih serius dilakukan disetiap daerah, terutama dalam menghadapi Pilkada, diharapkan pemerintah daerah agar selalu terus berkoordinasi dengan pihak TNI-Polri termasuk dengan pihak terkait lainnya untuk menegakkan Protokol Kesehatan dan mensosialisasikan 3M..
 
Selain itu dalam kesiapan RS dan fasilitas pelayanan kesehatan didaerah agar selalu siap dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Dalam menangani pasien positif Covid-19, agar fasilitas pelayanan kesehatan di RS terutama kesiapan obat-obatan harus ada dan tersedia ketika dibutuhkan. Kemudian dalam menghadapi Pilkada, diharapkan pemerintah daerah selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri sebagai leading sector pengamanan,Pilkada.

Selanjutnya Ketua Satgas Nasional juga menyampaikan ucapan terimakasih serta mengapresiasi terhadap semua pihak,  Pemerintah Daerah, TNI dan Polri serta pihak-pihak terkait lainnya dalam menangulangi penyebaran Covid-19, tugas ini adalah merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk merubah prilaku masyarakat guna menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19, tutup Ketua Satgas Nasional.

Turut mendampingi Kasdam IX/Udayana dalam rapat kordinasi tersebut antara lain Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana dan Karumkit TK II Kodam IX/Udayana, Sedangkan Para Danrem dan Dandim jajaran Kodam IX/Udayana juga turut mengikuti vicon dari satuan masing-masing.

(Arifin/Lilik)

TerPopuler