Detasemen Gegana Sumut Berikan Materi Terkait Ancaman Bom di PT. PLN

Senin, 14 Desember 2020, 12/14/2020 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Guna menghadapi ancaman teror bom, 1 Team Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut Berikan Materi di PT. PLN (Persero) UP 3 Medan Utara, Senin (14/12/2020).

Selain materi penanganan ancaman bom, peserta latihan juga berkesempatan menjalani pelatihan simulasi Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) Bom.

Terkait hal ini, PT. PLN (Persero) UP 3 Medan Utara yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Medan telah beberapa kali mendapatkan pelatihan serupa.

Menurut salah seorang peserta simulasi mengungkapkan, bahwa simulasi TPTKP Bom ini sangat bermanfaat bagi para karyawan.

"Kita jadi tahu harus berbuat apa ketika terjadi teror bom. Dimana kita harus berlindung dan apa yang perlu kita selamatkan ketika ada ancaman. Itu hal-hal pokok yang kami dapat dalam simulasi ini," jelas salah seorang karyawan saat dimintai keterangan seusai simulasi.


Iptu Roni Sarko, S.H., M.H., selaku Dantim Jibom yang hari ini memimpin dalam simulasi TPTKP Bom di PT. PLN (Persero) UP 3 Medan Utara menjelaskan, bahwa simulasi ini akan sangat membantu dalam hal cara bertindak karyawan menghadapi ancaman teror bom.

"Mawas diri, curiga terhadap gerak-gerik orang yang tidak kita kenal, dan barang bawaan ataupun kendaraan yang masuk ke area PT. PLN merupakan langkah preventif, untuk mengurangi resiko terjadinya aksi teror bom," terang Iptu Roni.

Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut selain sebagi tim tindak, hari ini juga berperan sebagai mentor. 

"Kami bertukar pengalaman dalam menghadapi aksi teror bom," tambah Iptu Roni Sarko.

Selain mendapat materi tentang simulasi TPTKP Bom, karyawan PT. PLN juga mendapatkan materi simulasi terhadap kejadian gempa bumi dan bagaimana mencari jalan keluar ( escape) pada saat terjadinya gempa.*

( Red ) 

TerPopuler