Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Polsek Gianyar Canangkan Desa Tangguh Dewata

Saturday, December 12, 2020, 18:00 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Gianyar -
Kepolisian Sektor Gianyar bersama Desa Sidan mencanangkan Desa Tangguh Dewata Dalam mendukung ketahanan Pangan Nasional, Sabtu (12/12/2020).

Persiapan pencanangan Program Desa Tangguh Dewata tampak dihadiri Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., bersama anggota, Kasat Polair Polres Gianyar Iptu Antariksawan, S.H., bersama anggota dan Perbekel Desa Sidan I Made Sukra Suyasa, S.Sos beserta perangkat desa.

Desa Tangguh Dewata merupakan konsep desa mandiri, dimana masyarakatnya mampu menggunakan sumber daya yang dimilikinya baik SDM maupun SDA untuk digunakan dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nasional.

“Situasi Pandemi Covid-19 saat ini merupakan bencana global yang merusak tatanan perekonomian dunia tentu imbasnya hingga ke Desa, maka adanya Desa Tangguh Dewata merupakan sebuah konsep membangun kesadaran akan Ketahanan Pangan Nasional,” Ujar Kapolsek Gianyar.

Desa Sidan sengaja dipilih karena ditunjang dengan sumber daya alam pedesaan dibidang perikanan dan pertanian. Dan Desa Sidan sendiri sudah mencanangkan program sebagai desa wisata.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., M.H. mengatakan disamping pembudiadayaan perikanan air tawar juga sebagai potensi menjadikan daerah ini sebagai daerah penghasil padi.

Demikian halnya dengan penataan saluran irigasi di wilayah Desa Sidan dalam pembangunan kolam budidaya air tawar. yang nantinya akan dijadikan jalur tracking untuk pengembangan desa wisata.

Kapolsek Gianyar berharap nantinya pembudidayaan ini sukses dan berkembang dengan sistem pengelolaan yang baik, serta hasil panen padi yang baik, karena ini nantinya menjadi penopang ekonomi saat situasi pandemik yang belum diketahui kapan berakhir.

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler