Kasat Lantas Polres Simalungun Cek Jalur Jalan Alternatif Lingkar Luar Parapat

Selasa, 01 Desember 2020, 12/01/2020 WIB
Oleh Redaksi


SNIPERS.NEWS | Simalungun - Setelah beberapa minggu menjabat sebagai Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Simalungun, AKP Hendrik Fernandes Aritonang, S.I.K., M.H. turun langsung mengecek dan memeriksa jalur alternatif lingkar luar Parapat dari Simpang Palang hingga Simpang Sitahoan, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Selasa (1/12/2020) pagi sekira pukul 10.00 Wib.


Dalam pengecekan itu, Kasat Lantas didampingi Kanit Regident Ipda Jhoni Sinaga, Kanit Dikyasa Aiptu Syawaluddin Nasution, S.H. dan dua personil Opsnal, yakni Bripka Fernando serta Bripda San Sinaga.


Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., saat dikonfirmasi melalui Kasat Lantas AKP Hendrik Fernandes Aritonang mengatakan, bahwa dari hasil pengecekan tersebut ditemukannya kondisi jalan alternatif sepanjang 19 KM sudah beraspal Hotmix, dan di KM.18 terdapat sekitar 500 Meter yang belum di aspal namun dapat dilalui kendaraan baik roda 2 dan roda 4.




Kasat Lantas menjelaskan, adapun kondisi jalan tersebut, diantaranya Jalan KM. 1,5 dan 6 dari Simpang Sitahoan terdapat jalan menikung, menurun dan jalan rusak akibat drainase air yang kurang baik.


Sedangkan di Km. 18 masih terdapat jalan yang belum beraspal dan masih dalam tahap pembebasan lahan dengan masyarakat, dan terlihat masih kurangnya rambu petunjuk di sepanjang jalan alternatif dan lampu penerangan jalan.


Melihat kondisi tersebut, Kasat Lantas langsung koordinasi dengan pihak Toba Pulp Lestari (TPL) Indorayon dan PT. Kasena, untuk tetap menyiagakan alat berat mengantisipasi bencana alam tanah longsor dan perbaikan jalan yang belum di aspal, agar segera diperbaiki sehingga dapat dilalui kendaraan.


"Saya merasa, di Kota Parapat perlunya pembuatan jembatan di jalan alternatif Simpang Anggarajim yang rusak akibat perbaikan parit, sehingga tidak lagi menimbulkan kemacetan atau kelumpuhan arus lalulintas yang menghubungkan ke objek wisata Danau Toba tersebut," kata AKP Hendrik Fernandes Aritonang mengakhiri.*


( PN )

TerPopuler