Kepala Perwakilan BKKBN Bali Meninjau Pelayanan MOW Gratis di RS. Prima Medika

Rabu, 02 Desember 2020, 12/02/2020 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Drs. Agus P. Proklamasi mengunjungi pelayanan KB di Rumah Sakit Prima Medika, Denpasar pada Selasa (01/12).

Kunjungan Agus Proklamasi didampingi Kepala Bidang Keluarga Berencana & Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Bali, Debby Martha Legi dan disambut langsung oleh direktur RS. Prima Medika , dr. Putu Dian Ekawati, MPH. 

dr. Putu Dian Ekawati menyampaikan bahwa pelayanan KB ini merupakan bentuk kerjasama yang telah dilakukan RS. Prima Medika dengan BKKBN selama ini. 

“ jadi sebagai bentuk kerja sama yang berkesinambungan maka dilaksanakan bakti sosial pelayanan KB dan akseptor kita usahakan berasa dari masyarakat pra-sejahtera”, ucapnya

Sebelumnya, RS Prima Medika telah bekerjasama dengan BKKBN dalam meningkatkan akses pelayanan keluarga berancana sejak tahun 2010 dan saat ini kerjasama yang dilakukan tidak hanya dari segi pelayanan kontrasepsi tetapi meluas ke pelayanan edukasi dan konseling. 

Pelayanan KB yang berlangsung pada awal Desember ini merupakan pemasangan kontrasepsi jangka panjang yaitu steril wanita atau dikenal dengan tubektomi alias medis operatif wanita (MOW) salah satu jenis kontrasepsi permanen bagi wanita.

Tubektomi (Metode Operasi Wanita/ MOW) adalah metode kontrasepsi mantap yang bersifat sukarela bagi seorang wanita bila tidak ingin hamil lagi dengan cara mengoklusi tuba falupii (mengikat dan memotong atau memasang cincin).

Berdasarkan informasi yang diberikan, pasien pelayanan KB MOW sebelumnya berjumlah empat orang namun hanya dua orang yang memenuhi persyaratan. 

“ Terima Kasih saya ucapkan kepada BKKBN dan RS. Prima Medika karena telah mefasilitasi pelayanan KB hari ini. Pelayanan yang diberikan juga sangat maksimal, cepat dan aman”, komentar Ibu Desi yang merupakan salah satu pasien pelayanan KB

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali berharap kedepannya kerjasama yang dilakukan dengan RS. Prima Medika dapat terus meningkatkan kualitas Keluarga di Provinsi Bali. 

“Saya mengapresiasi kegiatan pelayanan yang ada pada hari ini, dan berharap kedepannya akan ada peningkatan kerjasama tentunya untuk mendukung pembangunan keluarga di Provinsi Bali”, Ucap Agus P Proklamasi.*

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler