Patroli Polres Bangli Terhadap Pemungutan Suara di Sejumlah TPS Aman

Rabu, 09 Desember 2020, 12/09/2020 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Bangli -
Sekitar pukul 14.00, pelaksanaan pemungutan suara di semua TPS di Kabupaten Bangli pada Rabu (9/12/2020) telah usai. Selanjutnya dilanjutkan dengan proses penghitungan perolehan suara kedua pasangan calon (paslon) termasuk suara tak sah dan golput. 

Nah terlepas dari itu, sedari awal hingga akhir proses pemungutan suara di semua TPS dilaporkan aman terkendali. Selain adanya pengamanan dari ratusan personel Polres Bangli, juga karena kesadaran masyarakat Bangli yang secara bersama-sama turut menjaga proses demokrasi selama pilkada 2020 ini berjalan damai, aman, dan kondusif. Demikian ditegaskan Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan usai melakukan patroli ke sejumlah TPS di empat kecamatan yang ada di Bangli. 

Patroli mulai dilakukan pukul 10.00. Selain Kapolres Bangli, turut hadir pula 
Direktur Sabhara Polda Bali Kombes Pol. I Wayan Pinatih dan Direktur Krimum Polda Bali Kombes Pol.Dodi Rahmawan.

Monitoring di awali dari TPS 1,2,3 yang berlokasi SD Negeri 4 Abuan, Desa Abuan, Susut. Rombongan selanjutnya meninjau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 4 dan 5 yang berlokasi di SD Negeri  3 Abuan.

Selanjutnya rombongan meninjau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 4, 5, 6 di SDN  4 Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli. Pukul 12.30 rombongan kembali meninjau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 8 Lingkungan Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli.

Dari monitoring tersebut, diketahui  warga yang menggunkan hak pilih dan petugas di TPS, semuanya tetap mematuhi pedoman protokol kesehatan (prokes) di tengah situasi pandemi covid-19. "Semua TPS sudah menerapkan prokes, begitu juga warga yang datang memilih sudah mematuhi prokes sebagaimana yang diatur pemerintah. Kerumunan tidak ada karena waktu kedatangan tiap pemilih sudah diatur. Begitupula, kebersihan, higienis tempat betul-betul terapkan, setiap tempat sudah disiapkan tempat cuci tangan, selop tangan, pengecekan suhu tubuh dan lainnya,"ungkap Agung. 

Dikatakan, meski pencoblosan usai bukan berarti pengamanan dari kepolisian juga berakhir. Pengamanan dengan penebalan personel tetap dilakukan hingga proses pleno penghitungan suara di Kecamatan usai. Dengan dibantu anggota Sabhara dan Brimob Polda Bali, termasuk personel dari polres atau polsek tetangga seperti Polres Klungkung, Gianyar dan Buleleng. 
"Ke depan pengamanan dilakukan terhadap logistik baik dari TPS ke kantor desa, hingga ke kecamatan saat pleno nanti. Nanti logistik diangkut dengan mobil box,"jelasnya.

Sementara terkait antisipasi masyarakat atau massa pendukung salah satu paslon yang kalah, menurut Kapolres pihaknya sudah melakukannya sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Melakukan imbauan dan pendekatan melalui Safari Kamtibnas. "Kami dari awal sebelumnya sudah imbau dan ingatkan baik parpol pengusung, pendukung, massa, relawan atau masyarakat lainnya, agar menghormati pilihan rakyat apa pun hasilnya. Bersama-sama jaga situasi keamanan di Bangli. Bagaimana pun hasilnya itu sudah menjadi pilihan masyarakat,"tegasnya.

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler