Unit Reskrim Polsek Kediri Ungkap Pencurian Gabah

Minggu, 06 Desember 2020, 12/06/2020 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Sesuai dengan laporan korban bahwa pada hari Rabu, 2 Desember 2020 sekira pukul 13.00 Wita, telah terjadi pencurian gabah dan hari Sabtu, 5 Desember 2020 sekira pukul 06.00 Wita, dilaporkan ke Polsek Kediri sekira pukul 20.30 Wita. 
Pencurian terjadi di tempat penjemuran gabah milik KUD Nyitdah, di kawasan Banjar Antugan, Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.
Korban (pelapor-red) adalah I Nengah Sabuh (55), Laki-laki, Hindu, Karyawan Swasta, alamat Banjar Suda, Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.


Dari laporan korban, kemudian Kapolsek Kediri Kompol I Gusti Nyoman Wintara, S.H. memerintahkan Kanit Reskrim Polsek Kediri untuk melakukan penyelidikan.

Tidak berselang waktu lama, Unit Reskrim Polsek Kediri dipimpin Kanit Reskrim AKP Picha Armedi, S.I.K. berhasil menangkap pelaku bernama Hermanto (34), warga Dusun Sumur, Desa Sukosari, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso.

Pelaku yang keseharian bekerja sebagai buruh ini ditangkap oleh Reskrim Polsek Kediri berdasarkan keterangan saksi-saksi dan barang bukti yang ditemukan di tempat tinggalnya, yakni di seputaran Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.
Adapun kronologi kejadian tersebut, bahwa pada hari Senin 30 November 2020 sekira jam 08.00 Wita, korban bersama anaknya yang bernama Ni Wayan Diani Antari dan  I Nyoman Widana menjemur gabah di penjemuran gabah milik KUD Nyitdah sebanyak 36 kampil, dan gabah dijemur selama 3 hari. 

Namun, pada hari Rabu 2 Desember 2020 sekira jam 15.00 Wita, korban mengecek. Ternyata, gabah miliknya menjadi 28 kampil, dan selanjutnya pada hari Jumat 4 Desember 2020, korban bersama I Nyoman Widana kembali menjemur gabah jenis ketan di penjemuran gabah dengan lokasi yang sama. 

Kemudian keesokan harinya, tepatnya pada hari Sabtu 5 Desember 2020 sekira jam 06.00 Wita, korban kembali datang ke lokasi dan melihat kondisi penutup gabah berubah dan terdapat beberapa ceceran.

Dari sana korban mengetahui kalau gabahnya di curi lagi. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian dimana kejadian yang pertama sekitar Rp. 1.920.000,- dan kejadian yang kedua sekitar Rp 780.000,- dengan total kerugian sebesar Rp. 2.700.000,-.

Kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kediri guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Berdasarkan laporan korban tersebut, setelah  dilakukan penyelidikan oleh petugas Polsek Kediri diketahui bahwa pelaku pencurian gabah tersebut bernama Hermanto. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti diamankan di Polsek Kediri guna proses hukum lebih lanjut. 

Motivasi Pelaku melakukan pencurian karena faktor ekonomi, dengan modus operandi  
Pelaku melakukan pencurian tersebut diduga dengan cara terlebih dahulu memanjat tembok kemudian mengambil gabah milik korban. Total 
barang bukti yang berhasil diamankan 8 kampil gabah.

Kasubbag Humas Polres Tabanan Iptu I Nyoman Subagio ketika dikonfirmasi seijin Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS Siregar, S.I.K., M.H. membenarkan kejadian tersebut dan kasusnya sedang ditangani Reskrim Polsek Kediri.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler