Walikota Padangsidimpuan Buka Muscab Gerakan Pramuka Ke - 3 Tahun 2020

Kamis, 31 Desember 2020, 10:21 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan ke 3 tahun 2020 dilaksanakan pada Rabu (30/12/2020) di Aula MAN 2 Kota Padangsidimpuan. Muscab ini diselenggarakan untuk memilih Kepengurusan 5 tahun ke depan.


Acara Muscab ini dibuka oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.


Ketua Panitia Muscab, yang juga Ketua Harian Kwarcab Drs. Ibnu Hajar, M.Pd., dalam laporannya mengatakan, bahwa kepengurusan ini sudah berakhir pada bulan Desember tahun 2018. Namun karena sesuatu hal, baru pada saat ini acara Muscab dapat dilaksanakan.


Ibnu Hajar juga menjelaskan, bahwa peserta Muscab sudah memenuhi unsur, dan sudah sesuai aturan.


Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara dalam sambutannya yang di bacakan Nasrun Lubis mengatakan, bahwa Muscab ini merupakan forum tertinggi gerakan Pramuka di tingkat cabang yang bertujuan untuk mengevaluasi program kerja kepengurusan yang ada.


"Jadi, ini selain mengevaluasi program kerja yang ada, juga untuk menyusun kembali rencana-rencana yang luar biasa untuk gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan kedepannya. Kalau masalah keterlambatan untuk melaksanakan agenda Muscab, itu adalah hal yang lumrah, karena tidak semua agenda- agenda itu dapat kita laksanakan sesuai rencana," paparnya.


Sementara itu, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, S.H., dalam sambutannya juga menyampaikan, bahwa Organisasi Gerakan Pramuka adalah bahagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk generasi muda yang berkarakter. Anggota Pramuka telah dilatih untuk mandiri serta mampu bekerja sama dalam kelompoknya. Sehingga keberadaan gerakan Pramuka di Kota Padangsidimpuan sangatlah penting untuk di tata dan dikelola dengan baik.


"Gerakan Pramuka Padangsidimpuan telah memberikan berbagai sumbangsih positif, khususnya di lingkungan pendidikan, hal ini sudah sejalan dengan visi Padangsidimpuan “ ucap Walikota.



Irsan juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Padangsidimpuan sudah mempersiapkan lahan untuk bumi perkemahan. Dimana nantinya di bumi perkemahan tersebut dapat dilaksanakan kegiatan atau pertemuan Pramuka tingkat regional.


Usai memberikan kata sambutan, Walikota membuka acara Muscab tersebut di tandai dengan pemukulan gong, yang di ikuti oleh pengurus Kwarda serta Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan.


Pada acara pembukaan tersebut turut hadir Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, S.H., Kepala Bappeda Kota Padangsidimpuan Drs. M. Yusar Nasution, Jajaran Mabicab, diantaranya dari Polres Padangsidimpuan (Saka Bhayangkara) Kodim 0212/TS (Saka Wira Kartika) Dinas Pendidikan (Saka Widya Budaya Bakti), Ketua Kwartir Ranting (Camat), Pengurus Kwardasu yakni Drs.Nasrun Husin Lubis, H. OK Zulkarnain, S,H., M.Si., Syaiful Anwar, S.E., M.Si. dan M. Samsul Nafiah Nasution.


Setelah melalui tahapan agenda Muscab, maka terpilihlah Islahuddin Nasution, S.Sos. sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan masa bhakti 2020-2025, yang sekaligus menjadi Ketua Tim Formatur untuk menyusun kepengurusan 5 tahun ke depan.


Seperti diketahui, bahwa Ketua Kwarcab Pramuka Kota Padangsidimpuan periode sebelumnya adalah M. Isnandar Nasution, S.Sos., yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Walikota Padangsidimpuan.


Ketua terpilih Islahuddin Nasution, S.Sos., dalam pidatonya antara lain mengatakan, bahwa jabatan ini baginya adalah sebuah amanah dan tugas mulia, yang akan dilaksanakan secara ikhlas.


Untuk itu dia berharap, agar pengurus atau warga Pramuka di Kota Padangsidimpuan untuk tetap menjalin komunikasi dalam hal kepramukaan.


Ia juga menyampaikan, bahwa dalam proses Muscab ini telah tumbuh sistem demokrasi yang baik, sehingga jalannya Muscab berlangsung tertib dan lancar.


Acara Muscab ini di tutup Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, M.M., yang dalam sambutannya mengatakan, agar pengurus yang baru kelak melanjutkan apa yang dirintis pengurus lama.


"Apa yang belum selesai agar diteruskan, kemudian apa yang sudah baik agar di tingkatkan. Karena kegiatan kepramukaan sarat dengan pembinaan dan pembentukan karakter, seperti gotong royong, kemandirian, tanggungjawab, kerja sama dan lain sebagainya, untuk itu semuanya harus di tata dengan baik," pesannya.


Wakil Walikota juga meyakini, bahwa gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan yang dipimpin Islahuddin Nasution akan lebih baik kedepannya.*


(Iwan)

TerPopuler