Kadis DPPKB Hadiri Bakti Sosial IAKMI Kota Padangsidimpuan

Jumat, 22 Januari 2021, 1/22/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Kepala Dinas (Kadis) DPPKB Kota Padangsidimpuan Maragongna Harahap, S.H. ikut serta menghadiri pemberian bantuan Masker dan Handsanitizer dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kota Padangsidimpuan untuk Masjid Nurul Iman di Kampung KB Desa Pudun Jae, Jumat (22/01/2021). 

Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK, serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Walaupun pembentukan Kampung KB diamanatkan kepada BKKBN, akan tetapi pada prinsipnya, Kampung KB merupakan perwujudan dari sinergi antara beberapa Kementerian terkait dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, mitra kerja, dan pemangku kepentingan, serta tidak ketinggalan partisipasi langsung masyarakat setempat. 

Untuk tingkat Kota Padangsidimpuan, Kampung KB pertama kali dibentuk pada yahun 2016 di Desa Pudun Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.

Ketua IAKMI Kota Padangsidimpuan Irham Kurnia Agusta dalam sambutannya mengatakan bahwa IAKMI yang memiliki kepanjangan dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ini sebagai promotor dalam pencegahan penyakit. 


"Saat ini kita sedang dilanda wabah Covid-19. Kami hadir disini guna memberikan penjelasan dan pencegahan, dan memang program ini juga kami laksanakan di Masjid-masjid lainnya di Kota Padangsidimpuan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan pencegahan memang sudah bagian dari kita (IAKMI)," ujar Irham. 

Pada kesempatan itu, Kadis DPPKB Maragongna  Harahap juga turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada IAKMI, atas bantuan yang sudah diberikan ke Kampung KB yang ada di wilayahnya. 

"Terima kasih kami ucapkan kepada Ketua IAKMI Kota Padangsidimpuan Bapak Irham Kurnia Agusta yang telah menyerahkan bantuan masker dan handsanitaizer. Kampung KB bukanlah hanya tentang KB, dan kami tak akan mampu jika pelaksanaannya hanya kami saja, perlu adanya bantuan lintas sektoral dan organisasi kemasyarakatan seperti IAKMI. Sekali lagi terima kasih karena telah membantu untuk tetap 3M di Desa kami ini," ucap Kadis DPPKB. 

Tak hanya Kadis DPPKB, Kepala Dusun I Burhanuddin Harahap juga turut mengucapkan terima kasih atas perhatian semua pihak untuk kampung mereka, yang tujuannya untuk menghentikan dan mencegah masuknya Covid-19 di daerah tersebut. 

"Saya sebagai Kepala Dusun mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua IAKMI, Bapak Kadis atas bantuannya. Semoga ini dapat bermanfaat untuk masyarakat kami, amin," kata Kepala Dusun I. 

Kegiatan ini juga turut dihadiri Sekretaris Kabid, Kasi, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Pudun Jae.*

(Iwan) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button