Longsor Proyek Senderan Merenggut Korban Jiwa Meninggal Dunia

Thursday, January 14, 2021, 19:31 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Gianyar - Akibat bangunan proyek senderan dengan ketinggian 7 meter tiba tiba longsor di saat para pekerja mulai melanjutkan pekerjaannya sehabis istirahat menelan korban jiwa meninggal Dunia,Kamis 14/01/21.

Dari 12 pekerja proyek tersebut yang menjadi korban tertimbun 3 ,rkerja satu di antaranya tidak bisa di selamatkan ,sementara yang 2 pekerja selamat dari maut.

Tebing yang longsor dengan tinggi 7 meter tersebut milik l Gusti Ngurah Made Darmadi yang berlokasi di Banjar peliatan Desa Kelusa Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar.

Korban yang meninggal l Wayan Lebih 60 Tahun alamat Banjar Juga Desa Mas Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar.

Korban yang selamat dari maut l Wayan Balik 45 Tahun asal Banjar Batuan Kaler Desa Batuan Kecamatan Sukawati dan l Wayan Cakra Gunawan 47 Tahun asal Banjar Juga Desa Mas Kecamatan Ubud.

Peristiwa yang merenggut satu jiwa ini di benarkan oleh Kapolsek Payangan  AKP  I Wayan Tama, S.H.  dan menurut keterangan para saksi dan juga para pekerja.

Pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2021 sekitar pukul 13.00 wita seluruh buruh yang berjumlah 12 orang  termasuk korban selesai istirahat dan mulai melanjutkan pekerjaan proyek pembuatan senderan yang berlokasi di jurang/tebing tanah milik  Ngurah  Darmadi di wilayah Banjar Peliatan Desa Kelusa Kecamatan . Payangan Kabupaten  Gianyar, belum ada beberapa menit pada saat bekerja tiba-tiba tanah jurang/tebing yang tingginya sekitar 7 meter longsor dan menimbun 3 orang pekerja antara lain an. I Wayan Lebih meninggal dunia  (MD) t, I Wayan Balik  tertimbun setengah badannya, dan I Nyoman  Cakra  tertimbun setengah badannya, dan yang lainnya berhasil menyelamatkan diri.


Korban Wayan  Balik  dan I Nyoman Cakra berhasil diselamatkan dari timbunan tanah longsor oleh rekan-rekannya sedangkan I Wayan  Lebih  (MD) tidak berhasil diselamatkan karena seluruh tubuhnya tertimbun longsoran tanah.

Selanjutnya salah satu buruh memanggil sopir alat berat  I GUSTI NGURAH MADE DARMADI untuk membantu menggali dan mengevakuasi korban yang tertimbun tanah longsor, setelah dilakukan penggalian sekitar 30 menit menggunakan eskavator yg juga dibantu oleh masyarakat dan anggota Polsek Payangan korban  I WAYAN LEBIH berhasil di evakuasi dalam keadaan meninggal dan langsung di bawa ke Puskesmas Payangan sedangkan dua korban yang selamat WAYAN BALIK dan I NYOMAN CAKRA di bawa ke Rumah Sakit Payangan.

Atas laporan dari pekerja selanjutnya  Kapolsek Payangan bersama anggota mendatangi TKP untuk segera mengevakuasi para korban baik yang bisa di selamatkan dan korban meninggal dunia segera membawa ke Puskesmas Payangan untuk dimintakan VER.

Apa yang menjadi penyebab longsornya tanah dan berapa kerugiannya ,sementara masih dalam penyelidikan selanjutnya.

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler