Polres Gianyar Bersinergi Dengan Kodim 1616 Kawal Pendistribusian Vaksin Covid -19

Wednesday, January 13, 2021, 19:43 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Gianyar - Pendistribusian vaksin covid 19 ke Kabupaten Gianyar dilakukan pada Selasa (12/1) sore. Pengawalan dilakukan dari pengambilan di Dinas Kesehatan Provinsi Bali sampai di Kabupaten Gianyar oleh Polres Gianyar dan Kodim 1616/Gianyar Selanjutnya vaksin sebanyak 8.480 tersebut langsung dimasukkan pada ruang penyimpanan di Kantor Dinas Kesehatan Gianyar. 

Terkait ribuan vaksin dan pelaksanaan vaksinasinya nanti, Dinas Kesehatan Gianyar akan mengutamakan pada tenaga kesehatan di Gianyar. Hanya saja vaksin sebanyak 8.480 unit ini tidak langsung diberikan pada nakes. Hal itu dikarenakan, dalam pemberian vaksin tersebut, disinyalir akan ada reaksi sehingga perlu beristirahat. 

Plt Dinas Kesehatan Gianyar, dr Ida Komang Upeksa menjelaskan hal itu dilakukan supaya dalam tahap tersebut pelayanan kesehatan, baik di rukah sakit maupun puskesmas tidak terganggu. Maka vaksinasi nakes tidak dilakukan secara bersamaan. "Jumlah vaksin tahap pertama yang kita terima 8.480. Diutamakan tenaga kesehatan, pasti ada reaksi, panas atau apa," jelasnya. 

Dinkes Gianyar telah menyiapkan 17 tempat penyimpanan vaksin sebelum didistribusikan ke pihak yang akan divaksinasi dalam tahap pertama. Total terdapat 13 tempat penyimpanan. Mulai dari masing-masing Puskesmas, 3 Rumah Sakit, serta 1 di Kantor Dinas Kesehatan. Sementara vaksinasi nanti dilakukan tidak bersamaan agar pelayanan tidak terganggu. "Ini akan diatur supaya tidak semua nakes drop, agar pelayanan tidak tersendat," jelas pria yang juga Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar ini. 

Sedangkan rumah sakit yang akan digunakan untuk tempat penyimpanan vaksin Covid-19 ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar. Rumah Sakit Payangan dan satu rumah sakit swasta yaitu Rumah Sakit Ganesha, Celuk, Sukawati. 

Sedangkan Kapolres Gianyar, AKBP I Dewa Made Adnyana, SIK.,SH.,MH mengatakan bahwa penjagaan melekat pada saat pengawalan penjemputan dan kedatangan vaksin Covid-19 dilakukan oleh petugas gabungan dari TNI-Polri. 

"Kami bersama TNI melakukan pengawalan melekat terhadap pendistribusian vaksin Covid-19 hingga tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar," tandasnya.

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler