'Kursi Panas' Bacakades di Probolinggo Meluber

Sabtu, 20 Februari 2021, 2/20/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Usai ditutupnya pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) di 62 desa se Kabupaten Probolinggo mencapai 260 pendaftar yang dianggap memenuhi syarat kelengkapan oleh panitia pilkades.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Edy Suryanto melalui Sekretaris Dinas PMD, Oon Hartono mengatakan, ada tiga desa dengan jumlah bacakades terbanyak, yaitu Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan sebanyak 10 pendaftar, Desa Tlogosari Kecamatan Tiris sebanyak 9 pendaftar dan Desa Tambelang Kecamatan Krucil sebanyak 8 pendaftar.

"Tahap pertama sudah terlewati, berikutnya tahap penyaringan meliputi administrasi, klarifikasi, penetapan dan pengumuman calon kepala desa (cakades)," katanya seperti dikutip media Snipers.News, Sabtu (20/2/2021).

Menurutnya, 260 orang bacakades tersebut sudah melakukan pendaftaran dengan mengumpulkan berkas dan dinyatakan lengkap.

"Selanjutnya akan dilakukan penyaringan untuk mengetahui cakades yang lolos mulai 17 Februari sampai 17 Maret 2021,” terangnya.

Dalam penetapan cakades, akan diambil minimal 2 orang cakades dan maksimal 5 orang cakades. Untuk desa yang cakadesnya lebih dari 5 orang akan dilakukan seleksi tambahan menggunakan kriteria pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan dan usia bacakades saat mendaftar.

"Pijakan payung hukumnya sudah jelas di Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa," pungkasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler