Luapan Banjir Membuat Ibukota Jakarta Lumpuh Total

Sabtu, 20 Februari 2021, 2/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jakarta - Akibat hujan deras yang menguyur Ibukota Jakarta pada Sabtu (20/02/2021), dari mulai pukul 00.40 Wib dini hari hingga menjelang Subuh membuat banjir tak terjadi di beberapa titik. Hal ini membuat aktivitas warga jadi terganggu, bahkan dibilang lumpuh total. 

Pantauan awak Media Snipers.news melalui Perwakilan DKI Jakarta, hujan mulai reda sekitar pukul 03.18 Wib dini hari. Namun, hingga Sabtu (20/02/2021) sore banjir terpantau belum juga surut, sehingga mengganggu aktivitas warga. 

Bahkan, saat Team Snipers.news menyempatkan diri singgah di kawasan Mampang Prapatan, tepatnya di Masjid Assaadah 1 di Tegalparang, salah seorang warga bernama Iis mengatakan banjir sudah 2 hari melanda kawasan tersebut. 

"Kalau disini sudah 2 hari banjirnya mas, dari hari Jumat sampai saat ini belum juga surut," ungkap Iis kepada Team Snipers.news, Sabtu (20/02/2021). 

Sementara itu, dikutip dari beberapa media di Jakarta, Gubernur DKI Anies Baswedan pernah mengatakan wajar jika saat ini ditemukan banyak genangan, karena DKI Jakarta juga masih dalam status siaga menunggu air kiriman dari hulu, yaitu Bogor dan Depok.


Menurut narasumber, yakni Kepala Lingkungan di Kampung Makassar Jakarta Timur Sunarto, ia mengatakan pada pukul 02.00 Wib pagi dini hari banjir sudah melanda. 

"Sekira pukul 02.00 Wib sudah mulai banjir di lingkungan RT 06 dan 07 / RW 03 Kelurahan Makassar Jakarta Timur, karena tanggul jebol kemarin," ucap Sunarto.

Jika menilik dari apa yang sudah diucapkan mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahya Purnama (Ahok) saat ia menjabat, bahwa seluruh DKI Jakarta bila tidak dibangun sodetan dari hulu sampai hilir (pembuangan saluran air ke laut) maka seluruh warga DKI Jakarta akan mengalami hal yang sama (banjir-red).

Salah seorang warga Kemang, Jakarta Selatan Waluyo juga mengungkapkan kepada Team Snipers.news, bahwa banjir kerap melanda jika hujan deras turun seharian. 

"Banjir akan datang bila curah hujan tinggi, terlebih turun seharian baik di Bogor maupun se Jabodetabek," ungkap Waluyo. 

Ia juga mengatakan, saat ini masyarakat tentunya berharap kepada Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta, untuk melakukan terobosan-terobosan didalam pencegahan banjir, agar tidak terulang kembali seperti hari ini.*

(Saidi) 

TerPopuler