Normalisasi Drainase, Camat Beserta Jajaranya Himbau masyarakat Jangan Buang Sampah Sembarangan

Sabtu, 20 Februari 2021, 2/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Kegiatan normalisasi sampah di drainase Jalan Metereologi Dusun XIV Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan adalah tanggapan dari pemerintahan, atas keluhan masyarakat. Hal itu bertujuan agar daerah tersebut bebas dari banjir dan menimbulkan bau. 

Camat Percut Sei Tuan Drs. Khairul Azman Harahap, M.A.P., saat ditemui dikantornya mengatakan, bahwa dirinya bersama Kepala Desa Sampali sudah meninjau lokasi yang selama ini menjadi keluhan warga.

"Kemarin saya sudah meninjau bersama Kepala Desa Sampali, sekaligus nantinya akan dilakukan himbauan dengan memasang spanduk di beberapa titik tempat pembuangan sampah, dimana isi himbauan tersebut agar masyarakat disekitar normalisasi dan masyarakat luar yang sering membuang sampah di wilayah tersebut tidak lagi membuang sampah, tujuannya sendiri demi kebaikan kita bersama," ujar Camat, 

Dimana sebelumnya, warga disekitar maupun warga yang melintasi Jalan metereologi tersebut kerap mencium bau menyengat, dan itu berasal dari tumpukan sampah yang sengaja dibuang oleh pihak yang tidak diketahui identitasnya," ucapnya. 

Camat Percut Sei Tuan ini juga mengatakan, saat dirinya bersama Perangkat Desa Sampali melakukan pengecekan, ia mendapati berbagai sampah di area tersebut. Sampah yang ditemui adalah sampah rumah tangga, antara lain Plastik, Pecahan Kaca, Bulu Ayam, dan Lain sebagainya.

Setelah dilakukannya normalisasi, pihak Kecamatan Percut Sei Tuan maupun Desa Sampali akan terus terus menghimbau ke masyarakat, agar mengedepankan kebersihan lingkungan seperti tidak membuang sampai sembarangan.


Kepala Desa Sampali Muhammad Ruslan berharap, agar ke depan masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan, seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Normalisasi aliran drainase bersama Perangkat Desa dan masyarakat ini bertujuan untuk Sampali Bangkit," ucapnya. 

Awak Media Snipers.news mencoba meminta tanggapan dari beberapa warga yang menyaksikan kegiatan normalisasi tersebut, dan tanggapan positif pun diutarakan oleh warga. 

"Alhamdulilah bang, jadi betah duduk-duduk di depan rumah kalau nanti sudah dibersihkan, pasti tidak bau lagi. Semoga, dengan adanya normalisasi, ini dapat menyadarkan warga yang sering buang sampah sembarangan disini," ucap sumber di lokasi. 

Tak hanya itu, seorang Ibu penjual gorengan juga merasa senang dengan adanya normalisasi tersebut, ia berharap pembelinya bertambah. Sebab, sebelumnya dagangannya kurang laris, akibat lingkungan sekitar tempatnya berjualan agak sedikit kumuh. 

"Karena sebelumnya, beberapa pembeli yang sudah berhenti di warung saya tidak jadi membeli, karena mencium bau dari sampah-sampah yang menumpuk," ucapnya.*

(R. Anggi) 

TerPopuler