DPP-KB Kota Padangsidimpuan Gelar Pelatihan Pencatatan dan Laporan Terkait KB

Kamis, 11 Maret 2021, 3/11/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kota Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan pelatihan pencatatan dan laporan (RR), bertempat di Aula MAN  2 Kota Padangsidimpuan.

Pengolahan Data Statistik Rutin merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dikembangkan, dalam rangka menyediakan informasi tentang Pencapaian Program Kependudukan dan Keluarga Berencana sesuai dengan Perka No. 255/PER/G4/2011, Kamis (11/3/2021).

Pengolahan Data Statistik Rutin ini merupakan hasil pencatatan dan pelaporan pelayanan kontrasepsi dan pengendalian lapangan.

Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan Kontrasepsi (Pelkon) adalah suatu kegiatan mencatat dan melaporkan berbagai aspek yang berkaitan dengan pelayanan kontrasepsi yang dilakukan oleh Klinik KB Pemerintah maupun Swasta, serta Dokter/Bidan Praktek Swasta sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan. 

Sedangkan Pencatatan dan Pelaporan Pengendalian Lapangan (Dalap) adalah suatu kegiatan mencatat dan melaporkan berbagai aspek tentang kegiatan koordinasi dan pengendalian pelaksanaan program KKB di lapangan.

Dalam pembukaan acara, Kadis DPP-KB Kota Padangsidimpuan Maragongna Harahap, S.H. menyampaikan, bahwa pencatatan dan pelaporan ini sangatlah penting. Meski semua bekerja, tapi jika hasilnya tidak dilaporkan tidak ada gunanya, apalagi laporan ada tapi tak bekerja.

"Waduh gawat ini... Tak tau lagi saya. Jadi Bapak Ibu PKB/PLKB serta kader KB sebagai ujung tombak di lapangan yang melaksanakan program KB. Kita harus mencatat dan membuat laporan, apalagi di era digital ini kita tidak boleh gaptek, harus bisa mengikuti perkembangan jaman," ucapnya. 

Ditambahkannya, "Bapak/Ibu sekalian, kita harus jadi yang terbaik. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Pencatatan dan Pelaporan ( RR) khususnya di Klinik KB dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga tidak ada data yang under," ujar Kadis kembali. 

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penduduk Penyuluh dan Penggerak pada Dinas KB
Ikhwandi Lubis, S.K.M. memaparkan, "hal ini agar Bapak/Ibu paham dalam hal yang harus menjadi perhatian setiap petugas Pencatatan Pelaporan (RR) mengetahui dan memahami batasan-batasan, pengertian dari istilah-istilah yang dipergunakan serta mengetahui berbagai jenis serta fungsi instrumen yang dipergunakan," jelas Ikhwandi Lubis. 

Atau cara-cara pengisiannya, serta mekanisme pencatatan laporan tersebut dan nantinya akan melaksanakan PK21 ( Pendataan Keluarga Tahun 2021).

"Mari kita sukseskan kegiatan ini bersama - sama, seperti arahan Pak Kadis KB. Semoga Bapak/Ibu harus jadi yang terbaik dalam pendataan ini," harapnya.

Turut hadir narasumber dari Perwakilan BKKBN Sumatera Utara, Kabid KB, Kabid KS, Kasubbag Kepegawaian DPP-KB Kota Padangsidimpuan dan seluruh PKB/PLKB kader KB.*

(Iwan) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button