Eka Putra Zakran: Kegiatan Mubaligh dan Sekolah Politik IMM Bernilai Positif

Sunday, March 14, 2021, 19:04 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) gelar kegiatan Mubaligh/Mubalighoh dan Sekolah Politik, yang diselenggarakan di Komplek Pendidikan SD Muhammadiyah Tegal Rejo Medan pada Jum'at hingga Senin, 12-15 Maret 2021.

Hadir sebagai salah satu pembicara, Eka Putra Zakran, S.H., selaku alumni IMM dan Mantan Ketua Pemuda Muhanmadiyah Kota Medan memberi materi dengan Topik Politik dan Milenial.

Pengacara Kota Medan yang akrab disapa Epza itu tampak serius dan bersemangat dalam memberikan materi dan motivasi kepada 25 peserta dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Kepada Wartawan Epza menyampaikan, bahwa Kegiatan Mubaligh/Mubalighoh dan Sekolah Politik adalah kegiatan yang bagus dan bernilai positif.

"Kegiatan mubaligh dan sekolah politik ini bagus dan saya menilai ini sangat positif sekali, sebab, adik-adik IMM ini dalam dunia politik masuk dalam kelompok milenial, makanya saya bilang bagus dan positif," ujar Epza. 

Dalam ceramahnya Epza menjelaskan, bahwa Politik berasal dari bahasa Yunani, yaitu polis atau Kota. Kemudian Politik pertama kali menjadi kajian dalam buku yang ditulis oleh Filosof Aristoteles dalam bukunya yang berjudul Politika, yaitu Urusan Kota. 

Lalu kemudian, Aristoteles mempopulerkan pendapatnya yang terkenal, yaitu Zoon Politikon, artinya manusia adalah mahluk sosial, mahluk yang berinteraksi antara satu dengan lainnya.

Sedangkan Milenial menurut Epza adalah kelompok pemilih dan pelaku politik yang lahir antara era 1980-an, pertengahan 1990-an dan akhir 2000-an. 

"Nah kelompok ini sekarang menjadi segmen politik yang sangat diharapkan peran sertanya dalam hal menentukan arah dan kebijakan politik. Artinya ada kecendrungan baru, bahwa urusan politik bukan lagi sebatas urusan kelompok tua, tapi sudah menjadi domainnya anak muda atau milenial," ungkapnya. 

Dikatakan Epza, banyak tokoh milenial saat ini sukses dalam pemerintahan, sebut saja misalnya M. Syahrial, S.H., alumni Fakultas Hukum UMSU, sukses menjadi Walikota Tanjung Balai dua periode. 

"Di Tapteng ada Ahmad Bachtiar Sibarani, di Medan ada Bobby Nasution dan di Solo ada Gibran Rakabuming Raka atau lihat juga Ketua DPRD Kabupaten Tapteng, muda sekali itu," ungkap Epza.

Jefri Maulana, Ketua Panitia Pelaksana mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kesediaan para pemateri untuk hadir memberi motovasi, terutama kepada Epza. 

"Dari setahun yang lalu saya rancang acara ini, dan berharap agar bang Epza ikut terlibat dalam mensukseskan acara IMM ini, Alhamdulillah hari ini terjawab sudah," tutup Jepri.*

(Hendra)

TerPopuler