Kapolres Tabanan Resmikan Banjar Adat Sanggulan Sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas

Monday, March 22, 2021, 17:23 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Dimaksudkan untuk memberikan contoh dan untuk pembelajaran budaya tertib lalu lintas guna terciptanya Kamseltibcar lantas di wilayah Kabupaten Tabanan.

Hari Senin tanggal 22 Maret 2021 pukul 10.00 wita, bertempat di Balai Banjar Dinas Sanggulan Desa Banjar Anyar Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S., Siregar S.I.K., M.H., meresmikan Banjar Adat Sanggulan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas.

Pejabat yang hadir dalam acara kegiatan, Bupati Tabanan yang diwakili oleh Kadishub Tabanan, Dandim 1619/Tabanan diwakili oleh Danramil 1619/Tabanan, Kepala Dinas DKLH Kabupaten Tabanan, Camat Kediri, Kapolsek Kediri, Kasat Lantas Polres Tabanan, Ketua BPD Desa Banyar Anyar, Bendesa Adat Sanggulan, perwakilan Tokoh Adat, Agama dan Ketua Karang Taruna Banjar Adat Sanggulan.

Sambutan Kapolres Tabanan pada intinya pembentukan kampung tertib lalu lintas ini dimaksud untuk memberikan contoh dan pembelajaran kepada masyarakat Kabupaten Tabanan tentang budaya tertib lalu lintas demi terciptanya Kamseltibcar lantas di wilayah Kab. Tabanan. 

Kita ketahui bersama laka lantas masih menjadi penyumbang angka kematian nomor 3 di Indonesia, yang menjadi korban diantaranya adalah usia produktif, Sehingga pendidikan dan pembelajanan budaya tertib berlalu lintas dipandang perlu diberikan sedini mungkin, salah satunya dikemas dalam bentuk Kampung tertib berlalulintas. 

Kampung tertib lalu lintas merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Polres Tabanan dalam hal ini Sat Lantas Polres Tabanan sebagai pengemban fungsi lalu lintas di Kabupaten Tabanan, untuk dapat memberikan edukasi sejak dini mungkin terkait budaya tertib lalu lintas dan menetapkan lingkungan yang tertib mulai dari tingkat banjar untuk dapat diterapkan dalam pola hidup tertib berlalu lintas. 

Kami sangat berharap kepada masyarakat Desa Adat Sanggulan dengan terbentuknya kampung tertib lalu lintas, dapat menjadi roll model untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Tabanan membudaya tertib berlalu lintas dijalan raya. 

Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan utamakan keselamatan sebagai kebutuhan, tidak bosan kami ingatkan kepada hadirin, khususnya warga Masyarakat Desa Sangulan, bila mengendarai kendaraan bermotor dijalan raya tetap berhati-hati, agar tidak menjadi korban laka lantas, selalu cek kendaraan sebelum digunakan serta lengkapi diri dengan kelengkapan keselamatan berkendara termasuk didalamnya administrasi kendaraan, 

"Jadikanlah kampung Tertib lalu lintas ini sebagai bahan pembelajaran kita bersama untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas dari lingkungan terkecil dalam masyarakat untuk dapat mewujudkan Kabupaten Tabanan yang Zero Accident di masa Pandemi Covid-19, tak lupa kami ingatkan kepada seluruh masyarakat Tabanan untuk selalu disiplin Protokol Kesehatan," Tegas Kapolres Tabanan.

Hal senada dalam sambutan Bupati Tabanan yang diwakili oleh Kadishub Tabanan  upaya ini merupakan investasi jangka panjang bagaimana menyiapkan masyarakat yang memiliki kesadaran sendiri menciptakan keamanan terutama berlalu lintas. Tidak lupa kolaborasi dengan stakeholder terkait sangat diperlukan. Karena pembangunan masa kini tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh aparat atau birokrasi saja, dalam membangun pemerintah harus bersinergi dengan masyarakat, dengan komunitas akademis, pengusaha dan media.
 

Saya titip keberadaan kampung tertib lalu lintas ini kepada awak media, mohon sebarkan, sampaikan kabar baik ini kepada masyarakat luas, sehingga pesan-pesan yang baik dari kampung tertib lalu lintas ini dapat tersebar ke Desa-desa lain. Semoga kedepan akan bermunculan kampung tertib lalu lintas lain yang inisiatifnya muncul dari masyarakat sendiri.

Selesai acara sambutan selanjutnya Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S., Siregar S.I.K., M.H., menandatangani Prasasti disaksikan pejabat yang hadir, Menandai telah diresmikannnya Banjar Adat Sanggulan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, acara penutup semua pejabat yang hadir dan para undangan meninjau taman lalu lintas.

Selama kegiatan berlangsung tertib, aman dan lancar disiplin Prokes.

(Arifin/Agung DP)
Sumber : Humas Polres Tabanan.

TerPopuler