Sekilas Pandang Tentang Partai Nusantara

Selasa, 16 Maret 2021, 3/16/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jakarta - Partai Nusantara adalah sebuah partai baru yang akan menyemarakkan peta perpolitikan di Indonesia, yang secara sah berdiri di Jakarta pada hari Selasa 9 Juni 2020. Partai Nusantara berdiri atas prakarsa para Pemuda / Pemudi yang berada di seluruh Indonesia, yang merasa sehati, sepaham dan sejalan untuk mendirikan partai yang bernuansa Bhineka Tunggal Ika.

1. Adapun para pencetus dan Struktur Partai Nusantara, yakni : 

1. Dewan Majelis Tinggi Partai : DR. Dr. Zulki Zulkifli Noor, S.E., S.T., S.H., M.M., M.H., M.Kn.        
2. Dewan Cendekia Partai : Prof. DR. Ir. H. Nanda Limakrisna, M.M
3. Ketua Umum : DR. Suriyanto Pd., S.H., M.H., M.Kn
4. Sekertaris Jenderal : Ir. Kardi Siringo-ringo, M.H
5. Bendahara Umum Wieng Darulanto, S.E  

Alamat Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai  Nusantara : Sekertariat di Jalan Tebet Utara 1, No.51 C Timur Jakarta Selatan. 

Secara tegas Partai Nusantara menyatakan diri berazaskan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dengan mempunyai Idiologi Nasionalisme, Kesetaraan, Kebersamaan, Terbuka untuk Lintas Suku, Lintas Agama dan Lintas Kebudayaan.

Partai Nusantara mengajak seluruh komponen Bangsa dan seluruh Rakyat Indonesia untuk berjuang bersama menuju masyarakat adil dan makmur, yakni cerminan dari Bhinneka Tunggal Ika dan berpandangan Nasionalis dan Keragaman Agama, Suku, Kultur dan Humanis, untuk menjaga keseimbangan atau dinamika kehidupan berpolitik sebesar-besarnya, kesejahteraan dan kemakmuran Rakyat Indonesia dan mendukung seluruh eleman Bangsa untuk menjadi Bangsa yang maju di bawah Pemerintahan siapapun yang memerintah di Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

2. Partai Nusantara didirikan secara bersama-sama oleh putra/putri Bangsa dari Sabang sampai Merauke. Yang Akta Pendiriannya ditanda tangani oleh pengurus (SKB) DPD 34 Provinsi seluruh Indonesia dan para ahli dari bidang Ekonomi, Hukum dan Bidang Ilmu Lainnya.   
 
3. Partai Nusantara bekerja sama dengan seluruh elemen bangsa, serta mendukung kinerja pemerintah yang sah baik di tatanan Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif dan Pers sebagai pilar ke 4 Demokrasi.

Adapun Doktrin Partai Nusantara adalah Kesetaraan dan kebersamaan. Kesetaraan yaitu persamaan pandangan sebagai warga negara, sedangkan Nasionalisme berpandangan Lintas Suku, Lintas Agama dan Lintas Kebudayaan dan kebersamaan dalam melaksanakan berkehidupan berbangsa dan bernegara dengan mengedepankan saling hormat menghormati, gotong royong dan bahu membahu dalam melaksanakan demokrasi kesejahteraan, keadilan, keamanan dan ketentraman untuk dapat berhikmat dan bersatu di bawah naungan Bhinneka Tunggal Ika.

4. Etika Politik Partai Nusantara adalah Tegas, Jujur, Berani, Bahu Membahu, Gotong Royong dan Senasib Sepenanggungan dalam membangun Indonesia yang sejahtera aman dan tenteram, demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ciri Khas dari Partai Nusantara Sopan dalam bertindak dan santun berucap menjalin rasa persaudaraan berlandaskan kesetaraan dan kebersamaan. 

Visi dan Misi

- Visi Partai Nusantara adalah kesetaraan dan kebersamaan seluruh rakyat Indonesia dalam mewujudkan Indonesiaa yang bermartabat, berdaulat, adil dan makmur untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian kehidupan berbangsa dan bernegara. 

- Misi Partai Nusantara adalah meningkatkan dan memperkembangkan rasa saling menghargai dan saling menghormati dalam kehidupan kemasyarakatan dalam kesetaraan, kebersamaan, meningkatkan kualitas SDM mandiri yang terdidik, terampil, dinamis dan berkelanjutan, dengan berbasis nilai kemanusiaan yang beradab dan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Meningkatkan rasa saling bahu membahu, bergotong royong dan senasib sepenanggungan dalam menjaga kehidupan yang aman, tenteram dan damai dengan kesetaraan dan kebersamaan serta bernegara. Meningkatkan keadilan nilai berbangsa dan bernegara dalam kehidupan berpolitik yang berwibawa, amanah dan terbuka untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    
Partai Nusantara sendiri sudah terbentuk DPD di 34 Provinsi di seluruh Indonesia, yang berjalan lancar sampai berkibarnya Bendera Partai Nusantara di Kantor DPD, DPC dan DPAC. Bahkan para Ketua DPD seluruh Indonesia dari 34 Provinsi tersebut sudah melakukan pembentukan, pembenahan dan persiapan hingga terbentuknya DPC dan DPAC di semua wilayah sesuai AD/ART.

Pelaksanaan aturan dari komitmen kebersamaan antara Pengurus KSB DPP Partai  Nusantara hingga terbentuknya seluruh DPD di Seluruh Indonesia, terbentuk DPC hingga pada pembentukan DPAC wilayah Kabupaten / Kota se Indonesia.

Hal ini menjadi semangat perjuangan Partai Nusantara terbentuk dan sudah ada pembenahan dan persiapan untuk deklarasi pada bulan April dan Mei 2021 mendatang, menyiapkan strategi kemajuan Partai Nusantara yang militan dan bersama-sama demi tujuan mendeklarasikan Partai Nusantara. 

Etika Politik Partai Nusantara adalah Tegas, Jujur, Berani, Bahu Membahu, Gotong Royong dan senasib sepenanggungan dalam naungan Indonesia yang sejahtera, aman dan tenteram, demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, demi mengikuti Pilpres, Pilkada pada tahun 2024 mendatang. 

Tujuan Partai Nusantara sebagai Partai yang sopan dalam bertindak dan santun dalam berucap, menjalin rasa persaudaraan berlandaskan kesetaraan dan kebersamaan.

Demikianlah sedikit ulasan dalam selayang pandang Partai Nusantara.*

Artikel

Oleh : Sukriati Sensus, S.Pd

TerPopuler

> Whatsapp-Button