Wabup Edi Ikuti Verifikasi Lapangan Penghargaan APE Tahun 2021 Via Online

Jumat, 19 Maret 2021, 3/19/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan – Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan,SE, mengikuti Webinar verifikasi lapangan Pengarus Utamaan Gender (PUG), yang diselenggarakan oleh Kemeterian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, secara virtual, Kamis (18/3).

Verifikasi tersebut dilaksanakan dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021. APE tersebut merupakan pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan kementerian atau lembaga dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

Wabup Edi yang saat itu didampingi oleh Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, mengikuti webinar tersebut melalui aplikasi zoom meeting dari ruang kerjanya di Kantor Bupati setempat. Atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan, Wabup Edi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim APE karena telah melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan dan dedikasi.

“Semoga atas asung kerta nugraha/puji pangastuti Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, acara verifikasi lapangan APE Tahun 2021 dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses,” ucapnya.

Lebih lanjut Wabup Edi menyampaikan, Pemkab Tabanan tahun ini telah mengikuti evaluasi APE untuk kedua kalinya. Evaluasi pertama pada tahun 2018 telah memperoleh peringkat tingkat madya. Ia berharap, kali ini Pemkab Tabanan mampu memperoleh tingkat yang lebih tinggi sesuai kerja keras, kerja cerdas jajaran di Pemerintah Kabupaten Tabanan.

“Tujuan mengikuti verifikasi ini bukanlah sekedar mendapatkan sertifikat, tetapi jauh lebih penting, yakni sebagai apresiasi kepada Pemerintah yang telah berhasil melaksanakan pembangunan pemberdayaan perempuan dan juga sebagai bentuk pengakuan terhadap komitmen dan peran para pimpinan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG,” imbuhnya.

Wabup Edi menambahkan. Seperti diketahui ada 7 persyaratan inti dan 24 indikator dalam verifikasi evaluasi APE ini yang harus dipenuhi, diantaranya komitmen, tindakan, kelembagaan, sumber daya, data dan sistem informasi, metoda, peran serta masyarakat dan jejaring.

“Terkait dengan hal tersebut, Pemkab Tabanan berharap prasyarat utama dan indikator-indikator evaluasi APE tersebut dapat dievaluasi dan dapat menjadi acuan dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang terintegritas dan berkelanjutan dalam rangka pencapaian visi Kabupaten Tabanan, yaitu Nangun Sat Kerti Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era baru yang Unggul, Aman dan Madani (AUM),” ungkap Wabup Edi.

Sebelumnya perwakilan TIM Pokja Kesetaraan dan Keadilan Gender Kementerian PPPA RI, Dewi Ruspatiningsih, menyampaikan verifikasi lapangan ini sebagai langkah evalusi PUG di Pemkab Tabanan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi dilakukan secara daring.

“Dan ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kita semua, bagi Bapak verifikator, bagi Bapak/Ibu di Daerah dan juga kami di Pusat, karena seperti tadi ada kendala signal dan jaringan yang kurang bisa diandalkan,” ujarnya.

Untuk itu, atas nama Kementerian PPPA Ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas perhatian dari seluruh jajaran di Kabupaten Tabanan karena telah melengkapi data dan informasi tentang perkembangan pelaksanaan PUG, berikut capaiannya dalam batas waktu yang sudah ditentukan.

“Terimakasih sekali lagi, karena data tersebut akan sangat bermakna dan bermanfaat bagi kami dalam menentukan langkah-langkah strategi selanjutnya yang lebih efektif, efisien dalam mempercepat pelaksanaan pembangunan yang berkeadilan dan merata bagi semua masyarakat, baik perempuan dan laki-laki dengan PUG menjadi salah satu strateginya,” imbuhnya. 

(Iskandar/Agung DP)
Sumber : Humas Pemkab Tabanan.

TerPopuler

> Whatsapp-Button