Wakil Walikota Dukung Program Becak Vespa Local Wisdom

Wednesday, March 10, 2021, 18:54 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Dalam rangka menjadikan becak sebagai salah satu icon, Pemerintah Kota Padangsidimpuan menggelar sosialisasi dan uji kelayakan Becak Vespa program Local Wisdom tahun 2021, bertempat di Aula MAN 2  Padangsidimpuan, Rabu (10/03/2021).

Becak Vespa di Padangsidimpuan memiliki ciri khas tersendiri, yang merupakan transportasi umum tertua sehingga dipandang perlu untuk dijaga kelestariannya agar tidak hilang ditelan waktu, dan perlu diberdayagunakan sebagai icon pariwisata dalam mendukung peningkatan kesejahteraan ekonomi parbetor.

Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir Arwin Siregar, M.M., dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

"Pemerintah Daerah perlu melakukan terobosan dan inovasi untuk menumbuhkan ekonomi, salah satunya digagas Dinas Pariwisata melalui Becak Wisata," ujar Arwin.

Menurutnya, terobosan dan inovasi ini sangat baik, mengingat peran becak wisata nantinya untuk mendukung pembangunan dunia pariwisata di Kota Padangsidimpuan.

"Icon baru yang akan membuat daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Padangsidimpuan, yang nantinya diharapkan akan berdampak positif terhadap tukang becak," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana kegiatan Ardiansyah, S.Pd., dalam laporannya menyampaikan, bahwa program becak wisata ini dilakukan dengan seleksi dan verifikasi.

"Dari 800 unit becak yang mendaftar, sekarang tinggal 300 unit lulus dan nantinya tinggal 100 unit yang akan menjadi becak pariwisata Kota Padangsidimpuan," ujar Ardiansyah yang juga Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata itu.

Adapun tujuan kegiatan itu adalah untuk membantu pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tertib berlalu lintas serta sebagai fasilitas pariwisata di Kota Padangsidimpuan.

Dengan ketersediaan becak wisata ini sebagai bentuk transportasi yang siap melayani tamu dengan pelayanan terbaik, serta faham akan nilai-nilai sapta pesona seperti aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. 

Ketersediaan becak dengan kondisi baik juga harus disertai dengan kapasitas pengemudi yang menguasai teknik pemanduan, tertib lalu lintas, tertib harga atau tarif.*

(Iwan) 

TerPopuler