Antisipasi Beredarnya Uang Palsu, Polisi Himbau Masyarakat Waspada

Friday, April 23, 2021, 14:33 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Gowa - Di tengah masyarakat Kabupaten Gowa menjalankan ibadah puasa dan akan menyambut idul Fitri 1442 H, pihak kepolisian Polres Gowa menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengantisipasi beredarnya uang palsu.

Kepada masyarakat yang saat melakukan transaksi dan menemukan adanya dugaan uang palsu agar segera melaporkan ke pihak kepolisian.

Jika sementara terjadi transaksi dan terduga pelaku masih berada di TKP agar sesegera mungkin untuk diamankan, dan diserahkan ke pihak kepolisian guna diambil keterangan terkait asal muasal uang palsu tersebut.

Kepada seluruh pemilik tempat usaha agar sedini mungkin segera menyiapkan peralatan pendukung untuk dapat mendeteksi jenis uang yang diterima. 

Uang asli dan palsu juga bisa dibedakan dari tekstur kertas. Uang asli memiliki tekstur kertas yang kasar, terutama pada bagian lambang negara. Sementara uang palsu cenderung memiliki tekstur yang lebih halus. 

Selain itu, uang palsu juga lebih mudah lecek karena lapisan kertas yang tipis. Untuk lebih mudah mendeteksi jenis uang palsu selain menggunakan alat scanning juga dapat menggunakan berbagai cara lain diantaranya :

1. Meluangkan waktu untuk meneliti uang yang diterima dengan cara 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang). 
2. Transaksi di tempat pencahayaan yang baik
3. Lakukan penukaran uang di tempat yang resmi. 
4. Melakukan pembayaran secara nontunai

"Himbauan ini disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Gowa sebagai bentuk edukasi, sekaligus agar masyarakat lebih waspada dalam mengantisipasi segala modus yang dilakukan para pelaku kejahatan," ujar Kasubbag Humas Polres Gowa AKP M. Tambunan.*

(Harun/Hms) 

TerPopuler