Bupati Sanjaya Buka Webinar Sosialisasi Stimulus Tarif Tenaga Listrik PLN

Kamis, 22 April 2021, 4/22/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan  – Terkait stimulus dari pemerintah melalui PT. PLN (Persero) yang diberikan kepada masyarakat mulai bulan April 2021 ini berbeda dengan yang diterima pada periode sebelumnya (sejak April 2020 lalu).

Stimulus periode April–Juni 2021 ini besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya. Untuk itu, PLN Rayon Tabanan bersama Pemkab Tabanan menggelar sosialisasi Stimulus Tarif Tenaga Listrik TW II 2021 dan Promo PLN.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara virtual, Kamis (22/4), yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., dan diikuti oleh Para Camat dan seluruh Perbekel di Kabupaten Tabanan.

Selain itu, program stimulus ini memberikan pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen untuk golongan Sosial, Bisnis dan Industri daya 1300 VA ke atas, serta golongan layanan khusus.

Jika tahun lalu masyarakat yang menggunakan daya 450 VA mendapat stimulus 100 persen, namun saat ini, mulai April 2021 mendapat potongan 50 persen. Sedangkan untuk daya 900 VA diberikan potongan sebesar 25 persen.

Kemudian untuk promo yang dimaksud adalah terkait pengalihan daya, misalnya dari daya 450 menjadi 2.200 watt akan mendapat diskon biaya hanya membayar Rp. 202.100.

“Pemerintah berkomitmen untuk tetap memberikan keringanan pembayaran atau pembelian listrik bagi rumah tangga kecil, pelaku usaha kecil dan menengah serta masyarakat yang bergerak di bidang sosial, bisnis dan industri, dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia,” ujar Sanjaya dalam sambutannya saat itu.

Untuk itu, Bupati Sanjaya sangat menyambut baik program-program dari PLN yang disosialisasikan dalam webinar ini. 

Ia berharap, program ini dapat memberikan manfaat yang positif terutama bagi masyarakat Tabanan, dan sosialisasi ini bisa tersampaikan dengan baik ke seluruh elemen masyarakat Tabanan, sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat.

“Saya berharap, dari program yang diluncurkan ini masyarakat akan terbantu dan menggeliatkan perekonomian masyarakat Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani (AUM). Saya juga mengharapkan para Perbekel mensosialisasikan program ini, agar seluruh lapisan masyarakat Tabanan mengetahui dan menikmati program yang diluncurkan ini,” pinta Sanjaya.

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Tabanan I Putu Adi Maha Putra menjelaskan, untuk mempercepat proses tersebut, pihaknya menggandeng seluruh Perbekel se-Tabanan untuk melaksanakannya, agar informasinya tersalurkan dengan baik ke masyarakat langsung.

“Sebenarnya kita sudah sosialisasikan melalui media surat ke desa-desa. Tapi untuk memantapkan lagi informasi ini mengingat ada perubahan dari program peridode sebelumnya, kita gelar forum komunikasi secara virtual dengan Pemkab Tabanan serta seluruh Perbekelnya,” kata Adi Mahaputra.

Menurutnya, sosialisasi mengenai stimulus tarif tenaga listrik dan promo pada triwulan II tahun 2021 ke masyarakat sangat penting dilakukan. Sebab, stimulus yang berlaku sejak April 2020 lalu atau periode sebelumnya itu memberikan keringanan hingga 100 persen bagi warga yang menggunakan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Sehingga, diharapkan sekali pihak aparat desa untuk mensosialisasikannya dengan baik.

“Sebenarnya program stimulus dari tahun lalu ini tetap dilanjutkan, namun ada perubahan. Perubahan itu yakni jika dulunya masyarakat penerima program dikompensasi 100 persen, mulai April 2021 ini akan kembali berbayar namun didiskon atau mendapat potongan harga 50 persen untuk daya 450 VA dan potongan 25 persen untuk daya 900 VA bersubsidi,” sebutnya.

Kemudian, jelas Adi Maha Putra, skema untuk diskon 50 persen ini sudah diatur. Untuk masyarakat yang menggunakan layanan pascabayar, diskon 50 persen tersebut akan dipotong langsung pada saat konsumen melakukan pembayaran rekening listrik (biaya pemakaian dan biaya beban). Sedangkan untuk prabayar, diskon 50% diperoleh langsung pada saat konsumen melakukan pembelian token listrik.

“Artinya tidak perlu lagi mengakses situs atau mengirim memalui pesan WhatsApp seperti periode sebelumnya. Pascabayar akan mendapat potongan saat pembayar rekening dan prabayar mendapat potongan saat membeli token listrik,” jelasnya lagi.*

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler

> Whatsapp-Button