FPPO Nilai PT. Harita Terkesan Tak Hargai Aspirasi Masyarakat Obi

Selasa, 13 April 2021, 4/13/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Forum Peduli Pemuda Obi (FPPO) kembali menggelar aksi di Kantor Cabang Harita Desa Tomori Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut). 

Dari pantauan awak media Snipers.news Senin (12/04/2021), Korlap aksi Risno La Masiha mengatakan, bahwa aksi pada hari ini adalah aksi damai, dan ada 2 instansi dan satu perusahaan yang akan dijadikan tempat menyalurkan aspirasi. 

"Akan kami duduki 3 kantor pada hari ini, diantaranya Kantor Cabang PT. Harita Group, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Kantor DPRD Kabupaten Halsel, tujuannya menyampaikan aspirasi sekaligus mengawal proses berjalannya program Jalan Lingkar Obi," ujar Risno. 

Dikatakan Risno, hal ini sesuai dengan yang diamanatkan dalam Perpres nomor 109 tahun 2020. Akan tetapi PT. Harita Group malah menghindar dan mengosongkan kantor cabang yang berkedudukan di Kabupaten Halsel. 

"Dalam aksi ini juga, kami menyampaikan ketegasan kepada PT. Harita Group agar tidak menghambat program pemerintah pusat, dalam hal ini percepatan jalan strategi nasional di Kepulauan Obi dan mendukung penuh program-program yang sudah tertuang dalam Perpres nomor 109 tahun 2020," tegas Risno. 

Di kesempatan yang sama, Humas FPPO Brayen Lajame mengatakan, bahwa Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi agar tidak main mata dengan pihak korporasi terkait perekrutan tenaga kerja pada setiap perusahaan, yang diduga mengeruk tanah di Pulau Obi.

Aktivis jebolan Manado ini juga menegaskan, tenaga kerja lokal, dalam hal ini masyarakat lingkar tambang harus diprioritaskan ketika ada perekrutan tenaga kerja.

"Sehingga tidak ada kecemburuan sosial antara tenaga kerja asing dan tenaga kerja lokal," tutup Brayen.*

(H.M) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button