Galakkan Kedisiplinan Petugas, Sat Ops Patnal Pas "Turun Gunung" Gelar Inspeksi Mendadak

Senin, 24 Mei 2021, 5/24/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Bangli - Pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bangli dinilai minim pelanggaran. Hal itu terlihat dalam inspeksi mendadak penggunaan atribut maupun pakaian dinas, yang dilaksanakan oleh Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Sat Ops Patnal Pas) seusai apel disiplin Senin, (24/5/21).

Sat Ops Patnal Pas merupakan salah satu unsur Internal Control yang dimiliki, yang salah satu fungsinya adalah menegakkan kedisiplinan petugas.

"Dalam komponen kedisiplinan, selain kehadiran dan kepatuhan kode etik, berpakaian dan penggunaan atribut juga menjadi instrumen pengawasan," ungkap Kepala Rutan Febriansyah, A.Md.I.P., S.H., sekaligus penanggungjawab Sat Ops Patnal Pas Rutan Bangli.

Ia mencoba menggalakkan kembali kedisiplinan jajarannya melalui giat inspeksi ini. Satu persatu kelengkapan atribut pegawai dicek, mulai dari name tag, tanda pangkat, hingga sepatu tanpa terkecuali.

"Kerapian penggunaan pakaian dan atribut dinas mungkin terlihat sepele, namun hal itu  merupakan sebuah cerminan dari disiplin diri," ujar Kepala Rutan.


Koordinator tim Sat Ops Patnal Pas Dewa A.G.P. Asmara juga menuturkan, mengenai pakaian dan atribut dinas memiliki dasar hukum, sehingga seyogyanya memang harus dipatuhi secara utuh.

"Mulai dari hal kecil, yakni menjaga penampilan saat bertugas, di tambah dengan kesiapan untuk memberikan performa melayani yang baik, itu merupakan satu paket yang kita inginkan," tuturnya.

Kepala Rutan mengapresiasi jajarannya yang telah berpakaian serta beratribut lengkap.
"Terima kasih kepada semua petugas yang telah tertib dan patuh dengan peraturan, sehingga tim Sat Ops Patnal nihil temuan pelanggaran pada  sidak hari ini," kata Kepala Rutan.

Untuk kedepannya, lanjut Febriansyah, ia berharap prestasi ini jangan sampai menurun, tim akan secara berkala melaksanakan inspeksi serupa dengan waktu yang tidak terduga.

"Sat Ops Patnal tidak akan segan-segan melaksanakan tindakan tegas kepada pegawai yang melanggar, sistem punishment dan reward akan tetap berjalan," tegasnya.*

(Arifin)

TerPopuler

> Whatsapp-Button