Kesbangpol Deli Serdang Gelar Rakor Dengan FKDM Kabupaten dan Kecamatan

Friday, May 7, 2021, 00:04 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Untuk memperkuat peran proteksi dini masyarakat demi terwujudnya situasi yang kondusif, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Deli Serdang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang di Aula Cadika (Taman Pramuka), Kamis (6/5). 

Rakor tersebut membahas pemantapan pelaksanaan tugas-tugas FKDM di lapangan.

"Adapun tugas FKDM Kecamatan yakni, menjaring, menampung, mengoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat, mengenai potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di daerah yang dapat mengancam stabilitas nasional," ujar Kepala Kesbangpol Kabupaten Deli Serdang Haris Binar Ginting, Kamis (6/5).

Haris Binar dalam pemaparannya mengatakan, FKDM dibentuk merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalan Negeri Nomor 12 Tahun 2006, tentang kewaspadaan dini masyarakat di daerah. FKDM adalah salah satu organisasi masyarakat, dimana anggotanya terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda, agama, adat. 

"FKDM merupakan mitra pemerintah," singkatnya. 

Disisi lain, kata Haris Binar, Rakor ini juga bermanfaat bagi anggota FKDM, karena menambah wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan situasi sosial, politik, kamtibmas di wilayah Kabupaten Deli Serdang. 

"Dengan kemitraan melalui FKDM, masyarakat bisa berkontribusi secara positif. Hal ini untuk terwujudnya ketertiban, ketentraman dan perlindungan masyarakat dalam bentuk kemitraan yang strategis antara pemerintah dan masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut Haris Binar Ginting juga menyampaikan, bahwa pengurus FKDM Kabupaten/Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang sangat luar biasa. FKDM adalah ujung tombak sumber informasi bagi Pemkab Deli Serdang.

"Kalian semua hebat luar biasa. Saya akan berusaha hadirkan para Camat, OPD bahkan Bupati/Wakil Bupati untuk bersama dengan FKDM kedepannya. Kita ini sama, dan kalau ada yang melarang FKDM saat melakukan tugas di lapangan, silakan laporkan kepada Kesbangpol Deli Serdang," tandasnya.

Dia juga berpesan kepada Ketua Umum FKDM Kabupaten Deli Serdang, agar membimbing seluruh anggota dan membekalinya. 

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten Deli Serdang Soelarno memaparkan beberapa hal pada Rakor triwulan 1 tahun 2021, diantaranya soal tupoksi sebagai FKDM itu sendiri, yaitu terkait bencana nasional Covid 19 yang saat ini masih banyak yang meninggal dunia di Deli Serdang. 

Dan saat ini Deli Serdang kembali ke zona merah. Untuk itu dia berharap kepada pengurus FKDM se Kabupaten Deli Serdang, agar lebih maksimal dalam temu cepat lapor cepat.*

(R. Anggi) 

TerPopuler