Koramil 1509-03/Saketa Gelar Komsos di Wilayah Kecamatan Gane Barat

Rabu, 26 Mei 2021, 5/26/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat Kecamatan Gane Barat diselenggarakan di Aula Makoramil 1509-03/Saketa.


Kegiatan ini mengangkat tema "Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa". Komsos dengan komponen masyarakat ini dipimpin langsung oleh Danramil 1509-03/Saketa Kapten Arm. Ariep Hamdi Mulya, Rabu (26/05/2021).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Gane Barat Jamal Ishak, Kapolsek Saketa yang mewakili Bripka Munawir dan para Kepala Desa se Kecamatan Gane Barat.


Turut juga Vaksinator Puskesmas Gane Barat Kamil, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dengan jumlah yang hadir sekitar 60 orang.


Dalam kegiatan Komsos ini, Danramil 1509-03/Saketa memberikan sambutan, bahwa kegiatan ini merupakan sarana efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan, sehingga terbangun komunikasi yang erat antara aparat Babinsa dengan komponen masyarakat.


Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai forum silaturahmi, sehingga terjalin hubungan emosional yang erat antara aparat Babinsa dan komponen masyarakat di wilayah Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halsel.


"Sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa TNI sebagai alat negara berperan sebagai alat pertahanan negara, dan dalam melaksanakan tugasnya berpedoman pada keputusan politik negara dan peranan tersebut dilaksanakan sebagai tugas pokok TNI, yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan keutuhan negara dan bangsa," ungkap Danramil 1509-03/Saketa.


Lanjut Danramil 1509-03/Saketa, kegiatan ini merupakan giat program bidang teritorial yang wajib dilaksanakan di tingkat Koramil, dalam rangka tugas pembinaan teritorial dengan komponen masyarakat, sehingga nantinya terbentuk kesamaan pendapat, visi dan misi dalam memahami permasalahan yang terjadi.


Selain itu juga bisa menekan tidak terjadi konflik. Di samping itu juga, kegiatan komsos dengan kommas bertujuan agar komponen masyarakat memahami kebijakan pimpinan TNI AD, khususnya pada tugas pembinaan teritorial.


"Yang paling mendasar itu adalah terwujudnya rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Gane Barat ini," kata Kapten Arm Hamdi.


Dalam kesempatan itu, Camat Gane Barat pun mengapresiasi wadah komunikasi antar seluruh komponen masyarakat ini. Komunikasi dengan  komponen masyarakat dalam kegiatan teritorial hampir sama dengan di pemerintahan, seperti hubungan antara pemerintah, masyarakat, Babinsa dan Babinkantibmas.


"Oleh karena itu kita wajib berupaya, sehingga bisa tercipta kenyamanan dan keamanan. Adanya permasalahan di desa, seperti perkelahian antar pemuda, antar sekolah yg pernah terjadi disini, fungsi dan peran kita di pemerintahan tingkat Kecamatan s/d Desa serta sinergitas TNI-Polri sangat penting untuk mencegah terjadi konflik, agar tidak berkembang lebih luas lagi," ujar Camat Gane Jamal Ishak.


Kapolsek Saketa yang diwakili Bripka Munawir pun mengaminkan dan sependapat dengan Camat dan Danramil.


"Meneruskan apa yang sudah disampaikan, intinya harapan kami di Polsek agar selalu menjaga komunikasi, sehingga apabila Pemerintah Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta komponen masyarakat kompak, maka akan bisa menyelesaikan suatu permasalahan hanya di tingkat Desa dan tidak perlu lagi sampai tingkat Kecamatan," jelas Bripka Munawir.


Disela sela acara, perwakilan Puskesmas Gane Barat juga mengatakan, "kami juga mensosialisasikan Vaksinasi Covid 19 terhadap seluruh komponen masyarakat Kecamatan Gane Barat, yang juga merupakan program pemerintah pusat. Karena, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan untuk mencegah penyebaran Covid 19, maka kita wajib mengedukasi masyarakat untuk selalu melakukan hidup sehat dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ucapnya.


Selain itu juga, pihaknya juga menjelaskan, bahwa vaksin itu kuman yang dilemahkan dan dimasukkan ke dalam tubuh, sehingga terbentuk antibodi seumur hidup.


"Jadi kita harus mengetahui apa itu vaksin. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas perhatiannya," tutupnya.*


(H.M)

TerPopuler

> Whatsapp-Button