Saat Menjadi Khatib Shalat Jum'at, Serda Anyong : Hikmah Idul Fitri, Kita Kembali ke Fitrah

Jumat, 14 Mei 2021, 18:02 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Dalam Pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid An-Nur Desa Laiwui Kecamatan Obi, Serda Anyong ditunjuk untuk menjadi Khatib sekaligus Imam Shalat Jum'at Nusin Sabuwalamo, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Jumat (14/05/2021). 

Shalat Jumat pertama di Bulan Syawal ini setelah melewati Bulan Suci Ramadhan dan kemarin telah dilaksanakan Sh Perang Badar, yakni Idul Fitri 1 Syawal 1442H.

Dalam Khutbah Jum'at, Serda Anyong membawa tema "Hikmah Idul Fitri Kita Kembali Ke Fitrah". Sebab, Bulan Syawal adalah bulan yang istimewa di kalendar Hijriah, dimana Umat Islam dunia bisa merayakan Idul Fitri setelah 1 bulan berpuasa, yaitu Puasa Ramadhan. 

"Yang selama itu juga kita berperang melawan hawa nafsu. Karena memerangi hawa nafsu adalah perang yang sangat dahsyat, seperti kata Rasulullah Muhammad SAW, saat para Sahabat dan Rasulullah kembali dari Perang Badar, dimana Umat Islam lagi berpuasa, dan hanya berkekuatan sedikit orang melawan Bani Quraisy," kata Serda Anyong.

Kala itu, ungkap Serda Anyong dalam khotbahnya, Allah SWT pun membantu dan ikut memerangi dengan memberikan kemenangan bagi umat Islam. 

"Sehingga kita pun diwajibkan membayar Zakat Fitrah untuk mensucikan diri kita, membayar Zakat Mal untuk mensucikan harta yang kita punya kepada Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa, agar mereka pun bisa merasakan dan merayakan kemenangan seperti kita saat Idul Fithri. Jadi dihari penuh berkah ini, mari kita saling memaafkan satu sama lain," ungkap Serda Anyong saat memberikan khutbah Jum'at. 

Salah satu masyarakat Desa Laiwui La Edi sangat mengapresiasi Babinsa yang selama ini sudah membawa rasa aman dan nyaman, karena kehadiran sosok Babinsa, yang selama ini selalu memberikan suri tauladan yang baik untuk warga Laiwui. 

"Babinsa selalu hadir di tengah tengah masyarakat desa, bergaul dengan semua umur baik anak remaja dan orang tua sekalipun," ujar La Edi. 

"Kita lihat, pada saat menjadi Khatib Shalat Jumat, beliau berkhotbah dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dicerna tanpa menyinggung," ungkap La Edi kembali. 

Shalat Jumat yang dihadiri oleh warga Desa Laiwui Kecamatan Obi inipun berjalan lancar dan tertib.*

(H.M) 

TerPopuler