Gaji Ke-13 ASN Cair, Bupati Simalungun : Itu Hak Mereka, Perlu Percepatan dan Jangan Ada Pengutipan

Thursday, June 10, 2021, 13:52 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, terhitung mulai Rabu (09/06/2021) mencairkan gaji ke-13 seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), yang pembayarannya langsung ditransfer ke rekening pribadi masing-masing.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H. menyampaikan, "Gaji ke-13 itukan memang hak mereka (ASN-red). Jadi, kita lakukan percepatan penyampaiannya sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan," kata Bupati. 

Selanjutnya, Bupati tetap mengingatkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta seluruh stafnya, untuk tidak melakukan pengutipan dalam bentuk apa pun terhadap percepatan pencairan gaji ke-13 tersebut.

"Sekali lagi, bahwa gaji ke-13 itu merupakan hak setiap ASN dan jangan ada terdengar pengutipan apa pun," tegasnya. 

Kepada para ASN yang menerima gaji ke-13, Bupati menyampaikan agar mempergunakan dan memanfaatkan gaji tersebut untuk kebutuhan pokok yang benar-benar diperlukan.

"Kenapa kita cairkan di bulan Juni, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Karena pada bulan ini, para ASN akan direpotkan mempersiapkan biaya pendidikan anak-anaknya. Kita berharap, gaji ke-13 tersebut dapat membantu meringankan biaya keperluan anak-anak meraka, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini," jelas Bupati. 

Sementara, Plt Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Simalungun Frans N. Saragih diruang kerjanya di Pamatang Raya, Rabu (09/06/2021) membenarkan tentang sudah dimulainya pencairan gaji ke-13 ASN di lingkungan Pemkab Simalungun.

"Ya, sudah mulai pencairan gaji ke-13 hari ini. Dan diperhitungkan, dua hingga tiga hari ke depan sudah selesai. Gaji ke-13 di transfer ke rekening masing-masing ASN," kata Frans Saragih.

Frans menjelaskan, bahwa lazimnya gaji ke-13 dicairkan pada bulan Juni, karena gaji tersebut akan dipergunakan salah satunya untuk biaya pendidikan anak sekolah.

"Itu salah satu tujuan pencairan gaji ke-13 dilaksanakan pada bulan Juni," ungkap Frans Saragih.*

(PN /Humas)

TerPopuler