Jalin Kebersamaan Dengan Petani Kelapa, Babinsa 1509-01/Bacan Bantu Memanen

Rabu, 02 Juni 2021, 19:53 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Babinsa Koramil 1509-01/Bacan Kodim 1509/Labuha Praka Ferry Karamoy melaksanakan Komsos dengan petani kelapa, sekaligus membantu petani memanenya di kebun kelapa warga bernama Tinus di RT 04 Desa Bibinoi Kecamatan Bacan Timur Tengah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Rabu (02/06/2021).

Pada kesempatan tersebut, Praka Ferry Karamoy mengikuti warganya dalam kegiatan memanen kelapa, mulai proses pengambilan buah, pengumpulan buah kelapa, hingga ke proses pembelahan kelapa, yang nantinya isi kelapa di ambil menjadi kopra kemudian akan di jual kepada pengepul yang ada di sana.

Untuk buah kelapa sangat banyak di daerah binaannya, dikarenakan struktur geografi Desa Bibinoi yang subur, sehingga sebagian besar penduduknya merupakan petani kopra. 

Hasil panennya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari warga binaannya, untuk harga kopra perkilo saat ini mencapai Rp 9000,- perkilonya dan biasa di kirim ke luar Kabupaten Halmahera Selatan, bahkan sampai di bawa ke Pulau Jawa.


"Berkebun kelapa ini sudah kami laksanakan sejak turun temurun. Selain berkebun kelapa, kami juga menanam buah pala, dan hasil dari buah pala juga menambah penghasilan kami dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ungkap Tinus. 

"Untuk saat ini harga kopra cukup naik Rp. 9000,- perkilonya dibanding tahun kemarin yang hanya Rp 3000,- perkilonya, sehingga kami sebagai petani kopra berharap agar pemerintah bisa memperhatikan dan menjaga harga kopra kedepannya, sehingga bisa mensejahterakan masyarakat," harapnya kembali. 

Danramil 1509-01/Bacan Kapten Inf Aga Galela mengatakan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak pernah jauh dari masyarakat binaannya. Oleh karena itu, Babinsa harus senantiasa selalu berkomunikasi, bekerja sama dan saling membantu masyarakat binaannya guna menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat di wilayah binaan.

"Kehadiran Babinsa di seluruh lapisan masyarakat, diharapkan dapat memelihara hubungan yang baik khususnya antara TNI dengan masyarakat, sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan tugas pokok," kata Danramil.*

(H.M) 

TerPopuler