Mata Air Banyumala Dipasang Pompa Hidram, Pangdam : Ini Untuk Kepentingan Masyarakat

Senin, 12 Juli 2021, 17:36 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS |Denpasar - Memahami kesulitan masyarakat terkait akses air bersih yang dialami oleh warga Desa Wanagiri, Kodam IX/Udayana berinisiatif mengambil langkah untuk membantu kesulitan masyarakat terhadap akses air bersih. Hal ini dilakukan bukan hanya di Desa Wanagiri ini saja, namun di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana.

Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., ketika berdialog dengan Kepala Desa dan tokoh Adat Desa Wanagiri pada saat melakukan pengecekan pembangunan dan pemasangan Pompa Hidram di mata air Banyumala, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, pada Senin (12/7/2021).

Pada saat berdialog, Kepala Desa dan Tokoh Adat Desa Sukadana menyampaikan bahwa selama ini untuk mendapatkan air bersih dari sungai dan Danau Buyan, masyarakat Desa Sukadana membutuhkan usaha yang cukup keras dan biaya yang besar guna mengalirkan dan membawa air bersih hingga sampai ke rumah-rumah warga.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Pangdam menyampaikan bahwa saat ini air bersih yang dikonsumsi dari danau maupun sungai sudah tidak seperti dahulu dikarenakan sekarang pencemaran air sangat marak terjadi, jangan sampai generasi penerus kita mengalami gangguan kesehatan karena sering mengkonsumsi air yang tidak bersih.


"Maka, saya perintahkan kepada Dandim agar berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait seperti PDAM, Kehutanan maupun bagian Konservasi Hutan Lindung dalam membantu mensukseskan program Pompa Hidram untuk kepentingan masyarakat," tegas Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam mengatakan bahwa kegiatan ini bersinergi dengan PUPR, CSR dan perorangan maupun secara swadaya Kodam IX/Udayana dan Jajaran guna menyediakan dan mengembangkan Pompa Hidram untuk mengatasi kesulitan masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang berada di wilayah Provinsi Bali, NTT dan NTB.

Adapun proses pembuatan pompa Hidram, meliputi penyambungan pipa air menuju bak transit, pembuatan bak transit, penyambungan pipa galvanis dari bak transit menuju pompa, pemasangan pipa, penyambungan pipa HDPE dari pompa menuju bak penampungan serta pembuatan bak penampungan yang kemudian ditujukan kepada masyarakat.

Hadir mendampingi Pangdam dalam pengecekan pembangunan dan pemasangan pompa hidram tersebut antara lain Aslog Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Dandenmadam IX/Udayana, Kainfolahtadam IX/Udayana, Wakapendam IX/Udayana, Dandeninteldam IX/Udayana dan Dandim 1609/Buleleng.*

(Arifin/Lilik)
Sumber : Kapendam IX/Udayana

TerPopuler