Serbuan Vaksinasi Kodam IX/Udayana Lampaui Target, Pangdam : Hari Ini Capai 3.000 Orang Lebih

Minggu, 04 Juli 2021, 7/04/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Guna mempercepat pencapaian Herd Immunity, Kodam IX/Udayana kembali menggelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 dengan sasaran bukan hanya untuk masyarakat lansia dan dewasa, namun juga menyasar bagi anak-anak usia 12 sampai dengan 17 tahun.

Terkait Serbuan vaksinasi tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., meninjau langsung kegiatan Serbuan Vaksinasi di Lapangan Tennis Indoor Asrama Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar, Bali, pada Minggu (4/7/2021).

Saat diwawancara disela kegiatan vaksinasi, Pangdam mengungkapkan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi ini mendapat animo yang tinggi dari masyarakat, bahkan berkali-kali lipat dari target.


"Kami menargetkan 1.000 orang perhari namun dari kemarin jumlahnya malah berkali-kali lipat, hari ini mencapai 3.000 orang lebih," tutur Pangdam.

Seperti yang diketahui bersama, lanjut Pangdam, belakangan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya wilayah Jawa dan Bali kembali melonjak. Untuk itulah kegiatan vaksinasi juga kian gencar dilaksanakan.

Pemerintah menerapkan Pemberlakuan PPKM Darurat di wilayah Jawa dan Bali dari tanggal 3 s.d 20 Juli 2021.

"Guna mendukung aturan pemerintah tersebut untuk menekan angka kasus Covid-19, serta untuk mencapai dan meningkatkan herd immunity sehingga pelaksanaan vaksinasi juga harus terus dilaksanakan, "kata Pangdam.

Lebih lanjut diungkapkan Pangdam bahwa kegiatan serbuan vaksinasi juga dilaksanakan diseluruh fasilitas kesehatan Kodam IX/Udayana, tidak hanya di jajaran Korem 163/WSA yang ada Provinsi Bali tetapi juga dilaksanakan di Jajaran Korem 161/WS yang berada di Provinsi NTT dan Korem 162/WB di Provinsi NTB dengan selalu bersinergi bersama Dinas Kesehatan setempat.


"Selain itu juga banyak masyarakat luar Bali yang berada di Bali namun masih belum divaksin, melalui kegiatan ini kita berikan pelayanan vaksinasi selain untuk herd immunity juga di saat masa PPKM Darurat merupakan salah satu persayaratan perjalanan mereka jika hendak pulang ke daerah asalnya, "ungkap Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam menyampaikan Kodam IX/Udayana selalu mendukung penuh Pemerintah daerah Provinsi Bali untuk mencapai herd immunity yang ditargetkan minimal 70 persen atau sekitar 3 juta penduduk Bali yang sudah tervaksinasi.

"Disisi lain dengan melihat animo dari masyarakat yang datang melaksanakan vaksinasi hari ini, besar kemungkinan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi ini akan diperpanjang," pungkas Pangdam.


Sementara itu, Kepala Kesehatan Kodam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, Sp.PD., MARS., juga menegaskan tingginya animo masyarakat untuk bervaksin disebabkan gencarnya sosialisasi yang dilakukan. Apalagi dimasa PPKM Darurat ini, semua jenis perjalanan menjadi persyaratan dan minimal sudah mendapatkan vaksinasi tahap pertama.
 
"Baru diadakan di Bali khusus vaksinasi bagi anak-anak dan Kodam IX/Udayana yang pertama melaksanakan di Indonesia. Kegiatan Serbuan Vaksinasi di hari kedua ini disebar sebanyak 3.000 formulir dan sudah disiapkan 5.000 dosis vaksin dengan jenis vaksin Sinovac untuk anak-anak, serta jenis Sinovac dan Astrazeneca untuk yang dewasa tergantung vaksin pertamanya, sehingga akan kami layani sampai sore dan Faskes Kesdam IX/Udayana yang ada di seluruh Provinsi Bali, siap melayani vaksinasi bagi masyarakat," jelas Kakesdam.*

(Arifin/Lilik)

Sumber : Kapendam IX/Udayana

TerPopuler

> Whatsapp-Button