Iklan

Iklan

Adita Ivanka Reynda Artamefia, Pelajar Probolinggo Yang Lolos ke Amerika Dalam Program Kennedy Lugar YES 2021-2022

Rabu, 18 Agustus 2021, 8/18/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Satu-satunya pelajar Kabupaten Probolinggo Jawa Timur yang berhasil terbang ke Negeri Paman Sam (Amerika Serikat) dalam program pertukaran pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat, yang digelar oleh Kementrian Luar Negeri AS beberapa waktu lalu.

Dia adalah Adita Ivanka Reynda Artamefia (17) putri semata wayang dari seorang ibu yang single parent Dwi Yunita Dikarini. Adita (sapaan akrabnya) saat ini masih berstatus pelajar di SMA Negeri I Kota Probolinggo jurusan IPA kelas XII.

Adita menerangkan kepada wartawan Snipers.News, bahwa pertukaran pelajar yang dia ikuti beberapa waktu yang lalu adalah Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) 2021-2022 dan yang berhasil lolos tahapan seleksi ketat akan berangkat ke Amerika.

"Alhamdulillah, saya senang sekali, cita dan asa saya terwujud. Walau dengan jalan yang susah dari bulan Agustus tahun lalu, ternyata saya bisa lolos satu satunya pelajar dari Probolinggo," kata Adita dengan aura bahagia ditemani mama tercinta, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, selain bisa memberikan kesempatan untuk belajar di AS, program tersebut juga memberikan beasiswa penuh dalam mengikuti studi selama 10 bulan. "Dari 80 pelajar Indonesia yang akan berangkat ke AS, sayalah salah satu pelajar tersebut yang beruntung," celetuknya.

Pelajar yang hobby baca inipun menjelaskan prestasi yang telah di torehkan semenjak duduk di bangku SMP. Ia juga pernah juara II lomba Karya Ilmiah Remaja. Ketika duduk di bangku SMA, Adita sering meraih prestasi lomba Karya Ilmiah Pelajar baik tingkat Kabupaten/Kota Probolinggo maupun tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Lomba Karya Ilmiah Pelajar se Jawa Bali saya juara II, dan torehan prestasi ini sebagai modal saya ikut program study ke Amerika," terangnya.

Dia mengaku, keberhasilan dan suksesnya tidak lepas dari doa dan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari mamanya tercinta (Dwi Yunita Dikarini), dari dewan guru SMA Negeri I Kota Probolinggo, teman dan sahabatnya, keluarga besarnya serta masyarakat Kabupaten/Kota Probolinggo.

"Mohon doa restu kepada semua pihak, semoga saya bisa membawa nama Indonesia dengan baik di Amerika, dan saya diberikan kesehatan serta keselamatan selama di sana," pungkas pelajar asal Desa Randuputih Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.*

(Taufiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button