Ucapan Terima Kasih Terlontar Dari Masyarakat Kahuripan, Ini Perihalnya

Minggu, 08 Agustus 2021, 00:44 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tuba - Masyarakat Kampung Kahuripan Dalam, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang, bersyukur dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pada tahun 2018 lalu, yang sudah dibagikan kepada masyarakat setempat.

Ungkapan tersebut disampaikan beberapa warga kepada media ini, saat ditemui dikediamannya masing-masing, Jum'at (6/08/21).

Warga menjelaskan, sebelum adanya program PTSL mereka merasa kesulitan untuk memiliki bukti hak tanah, lantaran jika membuat sertifikat secara mandiri tak mampu dengan tarif yang cukup besar.

"Justru kami bersyukur adanya program PTSL ini, sebab perbandingannya jika kami buat sertifikat sendiri secara mandiri maka tentu akan jauh lebih mahal dan lebih repot. Oleh karena itu, setelah mengetahui adanya program PTSL seluruh masyarakat Kahuripan Dalam yang lahannya belum memiliki sertifikat semua antusias untuk mengikuti program tersebut," ucap Komang (30), salah satu warga Dusun 03 Kampung setempat.


Adapun sebuah keputusan, kata dia, itu dibentuk melalui musyawarah oleh masyarakat itu sendiri, tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

"Saya dan warga lainnya siap bersaksi, jika adapun sejumlah biaya yang kami berikan itu memang murni atas inisiatif kami selaku warga dan tanpa paksaan dari pihak manapun, justru kami ucapkan terima kasih atas kerja keras kawan-kawan panitia yang telah bersusah payah memperjuangkan hingga program sertifikat ini bisa sukses," jelas Komang.

Hal senada juga disampaikan Yuli (27), salah satu warga Dusun 03 yang juga sangat senang dengan adanya program pembuatan sertifikat yang telah lama dinanti-nantikan itu.

"Sejak dipimpin Ibu Roswati, Alhamdulillah keinginan yang telah lama kami tunggu- tunggu dapat terwujud untuk memiliki sertifikat," ucap Yuli.


Lebih jauh, Yuli menambahkan, ia mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintahan Kampung Kahuripan Dalem atas dukungannya dari keinginan masyarakat, sehingga program tersebut sukses dan kini seluruh peserta telah menerima sertifikatilik mereka masing-masing.

"Terima kasih atas support dan dukungannya, sehingga keinginan kami untuk memiliki bukti sah kepemilikan tanah dapat terwujud," kata Yuli.

Terakhir, masyarakat berharap kepada pemerintah untuk dapat kembali memberikan program yang sama, karena selain membantu juga dapat terjangkau oleh masyarakat khususnya bagi golongan ekonomi menengah ke bawah.

"Kalau ada program serupa, tentu kami selaku warga disini sangat berharap jika pemerintah kembali memberikan bantuan yang sama, karena sangat membantu," harapnya.*

(Sandi)

TerPopuler