Nasib Misto Warga Krucil Belum Ada Tindak Lanjut dari Pemkab

Senin, 13 September 2021, 08:44 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo -  Pasca viral salah satu warga Desa Kalianan Kecamatan Krucil  Kabupaten Probolinggo yang tinggal seorang diri di rumah belum ada tindak lanjut dari pemerintah kabupaten, sebut saja Misto (35) pria yang belum memiliki pasangan hidup ini bertahan hidup di balik tenda darurat yang di pasang oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Probolinggo, Senin 13/09/2021.

Sejak di bongkarnya rumah Misto tiga bulan yang lalu oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo hingga kini masih belum ada rencana pembangunan kembali oleh pemkab, tak hanya itu, tiga bulan yang lalu Misto sempat di datangi oleh Plt Bupati Probolinggo Timboel Prihanjoko, yang dulunya ia menjabat sebagai Wakil Bupati Probolinggo, pasca Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleH KPK perihal jual beli jabatan.

Cung Wahmiyanto (38) salah satu warga setempat mengatakan, ia kecewa terhadap Pemerintah Kabupaten Probolinggo, sebab hingga kini baik dari pemerintah desa maupun kecamatan belum ada tindak lanjut pembangunan rumah Misto.

"Saya sangat kecewa kepada pemerintah kabupaten terlebih Pemdes Kalianan, karena sampai sekarang rumah Pak Misto belum juga di bangun, ini terkesan pembiaran," ujar Cung.
                           

Lanjut Cung, bulan Juni kemaren sempat di datangi oleh wakil bupati yang saat ini menjabat Plt Kabupaten Probolinggo turun langsung ke rumah Misto, dan pihaknya menyerahkan beberapa jenis bantuan berupa makanan siap saji, uang, dan bantuan lainnya, tak hanya itu, pihaknya berjanji akan membangun kembali rumahnya menjadi rumah layak huni.

"Tapi sampai sekarang rumah Pak Misto belum dibangun, padahal kayu pemberian Perhutani sudah ada, kemana pemerintah desa kok gak ada tindak lanjut," imbuh Cung.

Ditempat terpisah, Hardi (50) warga setempat juga mengatakan terkesan Pemerintah Desa Kalianan sendiri ada indikasi pembiaran terhadap warganya, menurutnya seolah tak perduli dengan kondisi warganya sendiri.

"Saya nunggu tindak lanjut Pj yang baru jabat di Desa Kalianan, saya belum sempat bertemu dengan beliau, nanti saya usulkan bantuan rumah tidak layak huni untuk Pak Misto, karena sejak Kades Kalianan menjabat sampai purna masa jabatan belum kunjung di bangun," kata Hardi

Sementara Beny (37) salah satu tokoh Desa Kalianan juga mengatakan, pemerintah desa menurutnya tidak peka terhadap keberadaan warganya sendiri, kondisi warga yang seperti itu menurutnya harus ada respon cepat dan segera melakukan penanganan, dan mengalokasikan anggaran untuk dapat bantuan rumah tidak layak huni.

"Saya kira ini sudah betul betul keterlaluan, pemerintah desa minimal harus peka terhadap rakyatnya sendiri. Kok masih belum di perhatikan sampai sekarang," pungkas Beny kepada wartawan Snipers.News.*

(Tofa)

TerPopuler