Polres Pematang Siantar Gelar Operasi Patuh Toba 2021

Senin, 20 September 2021, 11:51 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Dalam rangka Operasi Patuh Toba 2021 Terpusat Polres Pematangsiantar laksanakan apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K., sebagai Perwira Apel Kasat Lantas AKP Muhammad Hasan, S.H., M.H., dan Komandan Apel Kanit Turjawali Sat Lantas Ipda P. Manurung. Bertempat di lapangan apel Polres Pematangsiantar, Senin (20/09/21) pada pukul 08.00 Wib.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para Kabag, Kasat Samapta AKP Muri Yasnal, S.H., Perwira, 1 Pleton barisan Ranmor R2 Dinas Sat Lantas Polres Pematangsiantar, 1 Pleton barisan gabungan Personil Kodim 0207/SML dan Denpom I/1 Pematangsiantar, 1 Pleton Barisan Personil  Dinas Perhubungan Kota Pematangsiantar dan 1 Pleton Barisan Personil Satpol PP Kota Pematangsiantar.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar menyampaikan, permasalahan di bidang lalu lintas di Kota Pematangsiantar, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang tidak sebanding dengan perkembangan jumlah dan pembangunan infrastruktur jalan yang ada.

"Selain itu, perkembangan transportasi telah menginjak era digital. Dimana operasional angkutan publik sudah semakin canggih, cukup menggunakan handphone. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas," ujar AKBP Boy Sutan.


Dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan lalu lintas, Polres Pematangsiantar beserta jajaran menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Toba 2021 selama 14 hari.

Operasi ini sendiri terhitung mulai 20 September s/d 03 Agustus 2021, dengan pola Operasi Patuh Toba 2021 yang awalnya 80% kegiatan preemtif dan preventif serta 20% penegakan hukum dirubah menjadi 100% tindakan simpatik dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Pematangsiantar mengucapkan, bahwa  pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2021 mengedepankan preemtif dan preventif, dan pelaksanaan tugas lainnya mengikuti protokol kesehatan dalam rangka pencegahan / penularan virus covid-19 di jalan, seperti kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib lalu lintas berupa bakti sosial, bagi masker, pemasangan stiker Ayo Pakai Masker, kegiatan pelayanan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan cara aman berlalu lintas.

"Lakukan operasi ini sesuai prosedural, tidak arogan, lakukan dengan simpatik dan humanis, tingkatkan fungsi manajemen media untuk menciptakan opini publik yang positif, sehingga ketika masyarakat yang dilakukan penindakan dalam berlalu lintas dapat mengerti dan memahami pelaksanaan kegiatan ini dan jadilah teladan dalam berlalu lintas, untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat. Selamat melaksanakan tugas Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Patuh Toba 2021," demikian arahan Kapolres.*

(PN /Hms)

TerPopuler