12 Siswa Komcad Selesai Pendidikan, Begini Pesan Dandim 0822

Selasa, 12 Oktober 2021, 10:39 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Komandan Komando Distrik Militer 0822/Bondowoso, Letkol Kav Widi Widayat, ST., dengan didampingi perwira staf memberikan pengarahan serta motivasi kepada siswa Komponen Cadangan (Komcad) yang dilatih di Rindam V/Brawijaya yang dilanjutkan pembulatan pendidikan di Pusdikpassus, Senin (11/10/2021). 

Hal itu guna melaksanakan program Kementerian Pertahanan (Menhan) dalam mencetak Komponen Cadangan (Komcad), sebagai kompartemen strategis matra darat melalui lembaga pendidikannya tengah menyiapkan Warga Negara Indonesia (yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk dilatih menjadi Komponen Cadangan.

Sekembalinya dari pendidikan, Dandim 0822 Bondowoso memberikan arahan 12 orang siswa Komcad yang memiliki latar belakang pendidikan, suku bangsa, status dan pekerjaan yang beragam. Dandim 0822 menjelaskan dasar pendidikan Komcad yaitu UUD 1945 pasal 30 Ayat 2 tentang Sishankamrata khususnya pertahanan negara dimana didalamnya termasuk keberadaan komponen cadangan yang berfungsi untuk mobilisasi umum demi keamanan dan pertahanan negara serta mobilisasi rakyat terlatih.
                             

Dandim 0822 juga menekankan agar para siswa nantinya sebagai Komponen Cadangan harus senantiasa menanamkan rasa cinta tanah air, setia pada ideologi negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

“Tanamkan dalam benak kalian bahwa menjadi komcad bukan semata-mata untuk mencari pekerjaan, namun harus berdasarkan lahir dan batin untuk ikut menjaga keutuhan NKRI ini," tegasnya.

Menurutnya, percayalah bahwa jati diri yang terbentuk melalui pendidikan ini akan mengubah diri, baik dalam menjalani kehidupan selanjutnya atau bahkan dalam mencari pekerjaan.

"Setelah melalui pendidikan dasar militer ini, para siswa akan memiliki mental dan disiplin yang baik. Ini akan menjadi bekal dalam kehidupan para siswa selanjutnya," pungkas Dandim.*

(suwaris)

Sumber : Pendim 0822 Bondowoso.

TerPopuler