Diduga Akibat Puntung Rokok, Pura Dalem Desa Adat Rangdu Terbakar

Rabu, 13 Oktober 2021, 10/13/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Buleleng - Diduga Akibat puntung rokok yang masih menyala, Pura Dalem Desa Adat Rangdu Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng, Bali, di lalap si jago merah, yang mengakibatkan 2 (dua) gedong hangus terbakar, Rabu (13/10/21) sekira pukul 10.30 Wita.

Saat dikonfirmasi, Kasi Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya membenarkan kejadian tersebut.

"Ya, telah terjadi kebakaran di Pura Dalem Rangdu, penyebabnya diduga karena puntung rokok yang masih menyala, kemudian terbawa angin dan membakar semak - semak lalu merembet ke areal Pura Dalem Rangdu," terang Kasi Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya.


Menurut Jro Gede Mangku (saksi-red), yang juga Bendesa Adat Rangdu, dirinya bersama beberapa warga datang ke Pura Dalem untuk merencanakan Melaspas  Pelinggih, yang saat ini belum di Pelaspas di lingkungan tengah (Jaba tengah Pura Dalem). Kemudian, sekira pukul 09.00 Wita, dirinya selesai sembahyang dan pergi ke Seririt karena ada rapat.

"Saat di tempat rapat, saya di telpon oleh Putu Tarsini (Bendahara Adat-red) yang mengatakan bahwa Pura Dalem terbakar, dan saya pun bergegas ke Pura Dalem, dan benar, Pura Dalem terbakar," terangnya.

Selanjutnya, Jero Gede Mangku melalui Bhabinkamtibmas meminta bantuan untuk mendatangkan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar).


Sekira pukul 11.30 Wita, api sudah berhasil dipadamkan, dan selanjutnya melaporkan kejadian itu ke Polsek Seririt.

"Dari keterangan saksi - saksi dan pengecekan serta olah TKP, diduga penyebab kebakaran berasal dari percikan api di semak - semak tanah milik warga di Selatan Pura Dalem yang saat itu terbakar, yang diduga oleh puntung rokok. Kemudian dibawa oleh angin, sehingga menyebabkan Pura Dalem Desa Adat Rangdu terbakar," pungkas Iptu Gede Sumarjaya.*

(Arifin)

TerPopuler

> Whatsapp-Button