Lapas Siborongborong Adakan Kegiatan Vaksinasi Tahap Ke II Untuk Warga Binaan

Kamis, 28 Oktober 2021, 10/28/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Taput - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborongborong kembali menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 Tahap II Dosis II untuk Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas tersebut, yang bertempat di Ruang Aula Siborongborong, Tapanuli Utara (Taput), Sumut, Rabu (27/10/2021).

Kegiatan vaksinasi untuk warga binaan ini kerjasama antara dua instansi, yaitu Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Siborongborong serta Komando Distrik Militer 0210/Tapanuli Utara.

Sebelumnya Vaksinasi tahap I telah dilakukan (29/09), sehingga Vaksin kedua ini diupayakan agar warga binaan yang ada dilapas yang sudah menerima divaksin pertama, harus menerima vaksinasi kedua. 

Kegiatan ini salah satu langkah kongkret dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Lapas Siborongborong. Sebanyak 615 vaksin diberikan kepada Warga Binaan Lapas Siborongborong, sesuai dengan jumlah Vaksinasi pada Dosis pertama. Jenis Vaksinasi yang diberikan pada tahap kedua ini yaitu Vaksin Coronavac sebagai Dosis kedua. 

Dan hari ini ada sebanyak 42 orang Warga Binaan yang menerima Vaksin pertama, yang belum pernah divaksin sebelumnya.

Kegiatan ini turut mendapat perhatian  Kepala Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Klas IIB Siborongborong M. Pithra Jaya Saragih, A.Md.I.P., M.H., Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) 18 Siborongborong G. Sebayang, Kepala Puskesmas Siborongborong, dr. Tiurma Br. Sinaga dan mereka turun langsung memantau kegiatan tersebut.

Pelaksanaan Vaksinasi ini di mulai dengan Pendaftaran, Skrining, penyuntikan Vaksin yang terakhir adalah Observasi untuk melihat sejauh mana dampak dari penyuntikan Vaksinasi tersebut.


Saat ini warga binaan berjumlah 817 orang, sudah di Vaksinasi dosis I dan dosis 154 orang . Kemudian diterima Warga Binaan pindahan dari Rutan Klas I Labuhan deli sebanyak 33 orang dan sudah divaksin Dosis I.

Kemudian dilaksanakan kembali vaksinasi tahap II Dosis I sebanyak 610 warga binaan dan 20 orang diantaranya dinyatakan tidak layak untuk divaksin.

Selanjutnya vaksinasi Tahap ke II Dosis II terhadap 615 warga binaan dan 8 orang  dinyatakan tidak layak untuk divaksin dengan alasan kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan Vaksinasi Tahap ke III Dosis pertama sebanyak 42 orang warga binaan.

Kalapas Siborongborong M. Pithra Jaya Saragih menyampaikan, bahwa pemberian vaksin ini bertujuan untuk membentuk kekebalan, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh khusunya untuk seluruh petugas dan warga binaan Lapas Siborongborong.

Dalam giat ini kalapas M Pthra Jaya Saragih  juga mengucapan terima kepada Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si., Kepolisian Resort Tapanuli Utara, Komando Distrik Militer 0210 Tapanuli Utara, Dinas Kesehatan Tapanuli Utara, Camat Siborongborong, Kepolisian Sektor Siborongborong, Komando Rayon Militer 18 Siborongborong, Puskesmas Siborongborong dan Seluruh Petugas Lapas Klas IIB Siborongborong, atas terselenggaranya seluruh rangkaian acara ini, "semoga Allah SWT melindungi kita semua," tambah Kalapas.

Seluruh rangkaian acara selalu menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dan tetap memakai masker serta menjaga jarak. Ruang pelaksanaan vaksinasi juga dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang kegiatan, meliputi sarung tangan dan Handsanitizer serta Thermogun.*

(Kotto)

TerPopuler

> Whatsapp-Button