Pangdam Pattimura Terima Kunjungan Sesepuh TNI Asal Maluku

Kamis, 28 Oktober 2021, 10/28/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M. menyambut hangat kunjungan Letnan Jenderal Mar (Purn) Dr. Nono Sampono, S.Pi., M.Si. di Makodam XVI/Pattimura, Kamis (28/10/2021).


Dalam pertemuan itu, keduanya saling sharing tentang kondisi Geo Startegi, khususnya terkait Wilayah Maluku.


"Indonesia tanpa Maluku bukanlah Indonesia, sebab Maluku memiliki letak geografi yang strategis, kemudian kaya budaya daerah dan destinasi wisata yang menarik," ujar Nono Sampono, Jenderal Bintang Tiga dari Korps Marinir (purn) yang saat ini adalah Wakil Ketua I DPD RI, utusan Maluku.



Tidak lupa Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Letjen Mar (Purn) Dr. Nono Sampono, Prajurit kelahiran Bangkalan, Madura-Jawa Timur yang banyak menghabiskan masa kecilnya di Maluku, dan kini menjadi salah satu Wakil Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Periode 2019 - 2024, karena sudah menyempatkan diri mengunjungi Kodam XVI/Pattimura ditengah kesibukan tugasnya.


Selain itu Pangdam juga menyampaikan rasa kagumnya terhadap sosok Letnan Jenderal Mar (Purn) Dr. Nono Sampono, Prajurit kelahiran Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang banyak menghabiskan masa kecilnya di Maluku dan kini menjadi salah satu Wakil Pimpinan Dewan Perwakilan   Daerah.


Nono adalah salah satu Putra Maluku kelahiran 1 Maret 1953 yang memiliki darah  "campuran" Maluku dan Madura. Ini  merupakan salah satu wujud kebhinekaan, menyatunya dua suku yang berbeda.
Dia memiliki loncatan karir yang sangat bagus dibanding masa kecilnya, yang banyak hidup dalam kesederhanaan.



Lahir dari keluarga dengan ayah seorang supir yang hanya tamatan kelas 4 SD, tidak membuat sosok dirinya patah arang.

Ia pernah menjadi penjual Roti Babengka dan Ikan di pasar.


Hal itu menjadikannya sosok yang matang, hingga menduduki jabatan penting dalam bidang militer, diantaranya Komandan Paspamres, Gubernur AAL dan Komandan Jenderal Akademi TNI.


Untuk itu Pangdam berharap, generasi muda Maluku saat ini harus bisa mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Letjen Nono, baik selama menjabat di militer maupun karier sipilnya.


"Ini sebagai bekal untuk meneruskan estafet perjuangan dan cita-cita dalam membangun Maluku," ujar Pangdam.*


(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button