Wabup Tabanan Harapkan Guru Kuasai TIK dalam Proses Pembelajaran

Friday, October 15, 2021, 15:41 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan – Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, S.E, mengikuti sekaligus memberikan sambutan dalam Webinar Pendidikan dengan topik  “Membentuk SDM Guru Daerah yang Memiliki Keterampilan dan Mampu Beradaptasi dalam Penguasaan Media Digital untuk Pembelajaran” melaui Live Zoom & Youtube Sahabat Guru, di Ruang Rapat Wakil Bupati Kantor Bupati Tabanan, Jumat, (15/10).

Kegiatan webinar yang diikuti oleh para Guru dan tenaga kependidikan se-Kabupaten Tabanan tersebut diprakarsai oleh Sahabat Guru dan bekerjasama dengan Kemenkominfo RI, Siberkreasi dan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), dengan keynote speech Johnny G. Plate selaku Menteri Kominfo RI. Turut hadir saat itu, Dewan Pengurus APKASI, Staf Ahli APKASI bidang pendidikan & kebudayaan, Inisiator Program Sahabat Guru, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, dan Dosen Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara.

Dalam sambutannya saat itu, Wakil Bupati Tabanan atau yang akrab disapa Wabup Edi memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan webinar ini. Menurutnya, didalam keterbatasan ruang gerak dalam menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran di tengah situasi pandemi Covid-19, pemerintah mampu bersinergi untuk mensuksesskan program literasi digital nasional yang sangat penting perannya untuk peserta didik, Guru, dan tenaga kependidikan dalam rangka mewujudkan digitalisasi di sektor pendidikan serta gerakan serentak belajar.

Disamping itu, kegitan webinar ini juga dipandangnya sebagai salah satu upaya untuk memenuhi tantangan global. Dimana peran dan tanggung jawab Guru akan semakin kompleks, sehingga dituntut untuk senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalnya. Ia juga berpendapat, Guru harus lebih dinamis dalam mengembangkan proses pembelajaran yang didukung oleh teknologi informasi.

“Pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting diperhatikan dalam proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, karena hal tersebut dapat mendayagunakan sumber-sumber belajar yang telah dikembangkan dalam bentuk aplikasi digital learning, sehingga akan merangsang terjadinya proses pembelajaran yang lebih baik,” ujar Wabup Edi saat itu.


Ia juga berharap kepada seluruh Guru dan Tenaga Pendidikan di Kabupaten Tabanan mengikuti webinar ini dengan sebaik-baiknya, agar hasil webinar ini nantinya mampu mendukung program merdeka belajar (bisa belajar dimana saja dan kapan saja), menciptakan suasana belajar yang baik bagi peserta didik dan Guru, serta berfokus pada peningkatan kualitas SDM. Ia juga menekankan, semua harus siap mengubah pola pikir dan prilaku serta mampu bertransformasi sesuai dengan tuntutan situasi yang terus berubah.

“Kegiatan webinar ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah terhadap dunia pendidikan sebagai upaya nyata akselerasi peningkatan literasi digital Guru menuju Guru cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam upaya menghasilkan lulusan yang unggul. Langkah dan upaya ini juga sangat sejalan dengan visi Kabupaten Tabanan, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM),” imbuh Wabup Edi

(Iskandar)

TerPopuler