Anggota DPR RI Asal Agara Gelar Bimtek Untuk Petani Kopi Aceh Tenggara

Minggu, 14 November 2021, 11/14/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Anggota DPR RI dari Partai Golkar H.M. Salim Fakhry, S.E., M.M., yang juga asli putra daerah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) seakan tak pernah berhenti untuk membangun dan memajukan Negeri Sepakat Segenep, yang memang merupakan daerah asalnya.


Seperti pantauan awak Media Snipers.news, H.M. Salim Fakhri yang juga Ketua DPD - ll Partai Golkar Kabupaten Aceh Tenggara, sudah banyak melakukan berbagai kegiatan kemasyarakatan, seperti bakti sosial dan memberikan berbagai bantuan kepada para petani Aceh Tenggara. Terlebih dimasa pandemi Covid - 19, dirinya merasa prihatin atas kesulitan yang melanda para petani.


Pada kesempatan kali ini, H.M. Salim Fakhry menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), dengan tema "Membidik Pasar Eksport Komoditas Perkebunan Kopi Yang Ada di Aceh Tenggara". Acara tersebut direncanakan digelar selama 2 hari, dimulai pada hari ini Sabtu 13 November sampai dengan Minggu 14 November 2021.


Dalam Bimtek ini, Salim Fakhry mendatangkan Ir. M. Unggul Ametung, M.Si., menggantikan Dirjen Perkebunan Kementerian RI, yang kebetulan berhalangan hadir dalam acara ini untuk menjadi Narasumber bersama Azanuddin Kurnia, S.P., M.P., yakni Sekretaris Dinas Petanian Provensi Aceh yang juga selaku Narasumber dalam Bimtek tersebut.


Kegiatan Bimtek ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara Riskan, S.P. beserta Harryono Ankari selaku Praktisi Kopi Aceh Tenggara, yang di tunjuk sebagai pemateri.



Bimbingan Teknis ini juga diikuti peserta sekitar 140 orang dari beberapa Kecamatan, yang berlangsung pagi sekira pukul 09.00 Wib di Gedung Aula DPD - ll Partai Golkar Kabupaten Aceh Tenggara, Sabtu 13 November 2021.


"Saya sangat mengharapkan kepada seluruh peserta yang hadir, agar ilmu perkebunan kopi yang dipaparkan oleh Narasumber dan Pemateri dapat diserap, sehingga nantinya ilmu yang didapat bisa bermanfaat dan berguna untuk kemajuan Kabupaten Aceh Tenggara yang kita cintai ini," kata Salim Fakhry, yang didampingi Ketua DPRK Agara sekaligus Sekretaris DPD-II Partai Golkar Agara Denny Febrian Roza, S.S.T.P., M.Si.


Menurutnya, untuk membangun demi kemajuan Bumi Sepakat Segenep ini harus bersama dan bahu membahu melibatkan seluruh elemen masyarakat. Bukan sebaliknya, membangun negeri ini dengan sendiri, sudah sangat dapat dipastikan tidak akan bisa tercapai.


"Melainkan bersama-sama membaktikan diri untuk Aceh Tenggara (Agara). Untuk selanjutnya nanti akan dijelaskan oleh para Narasumber dan Pemateri secara detail," ucap Salim Fakhry.


Selanjutnya, Azanuddin Kurnia, selaku Sekertaris Dinas Pertanian Provinsi Aceh menerangkan, bahwasanya kopi sangatlah berperan dalam meningkatkan perekonomian di Daerah Aceh.


"Kopi memiliki trend dalam pemberdayaan hidup, dan Kopi juga menjadi bagian dari gaya hidup dan mejadi pemersatu bagi kalangan usia tua muda dari berbagai latar belakangnya. Kopi juga sangatlah berperan mendukung konservasi dalam lingkungan," paparnya.



Diketahui, luas areal perkebunan kopi di Kabupaten Aceh Tenggara berkisar 378 Hektar, dengan penghasilan produksi seberat 144 Ton, rata-rata produktivikasinya mencapai 1029 Kg.


"Dalam perhektar dan dari jumlah Petani Kopi sebanyak 749 Keluarga. Ini merupakan potensi yang besar bagi prospek penanaman Kopi di Kabupaten Aceh Tenggara," katanya.


Sampai pada akhir penutupan acara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara, Riskan, S.P. menyampaikan, praktek pertanian yang masih seadanya ditandai dengan sebagian besar petani yang belum serius mengelola kebunnya. Banyak Petani, bahkan tidak memupuk kopi sepanjang tahun.


"Selain itu, bahan tanaman bibit umumnya diperoleh dari kebun sekitarnya, dan sebagian besar Kebun Kopi kita tidak memiliki tanaman pelindung yang baik, sehingga daya tahan tanaman menjadi rendah," jelas Riskan.


Riskan berharap, dengan adanya segala peralatan bantuan pemerintah untuk Petani Kopi Aceh Tenggara melalui Anggota DPR RI H.M. Salim Fakhry dan atas kerja kerasnya, mudah-mudahan semua bisa tercapai.


Diakhir acara, seluruh peserta yang hadir mengucapkan senang dan sangat berterima kasih kepada Salim Fakhry, atas digelarnya kegiatan Bimtek ini. Acara berakhir dengan aman dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehata.*


(A. Dalisi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button