Bupati Simalungun Secara Resmi Tutup Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

Friday, November 19, 2021, 23:37 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan masterplan Smart City yang berlangsung dalam empat tahapan, yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi telah ditutup oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga diwakili Staf Ahli Bupati bidang Administrasi Umum Wasin Sinaga. Bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Jum’at (19/11/2021).

Penutupan kegiatan Bimtek tersebut ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama Tim Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City menuju Simalungun Smart City oleh seluruh Kepala OPD dan Camat se- Kabupaten Simalungun. 

Secara simbolis, penandatanganan dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Wasin Sinaga yang juga menjabat Plt Kadis Kominfo sebagai Ketua Tim Pelaksana Smart City, Plt Kaban Kesbangpol Ronald Anderson Silalahi, Plt. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Jhonson Silalahi, Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Wahyuni Damanik dan Plt. Kadis Perpustakaan Agustina Simanjorang.

Pelaksanaan Bimtek penyusunan masterplan Smart City di Kabupaten Simalungun tahap pertama dilaksanakan 6-7 September 2021, tahap kedua 23-24 September 2021, tahap tiga 21-22 Oktober 2021 dan tahap empat 18-19 November 2021, dengan peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Kabupaten Simalungun dan menerapkan protocol kesehatan.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati bidang Administrasi umum mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan bimbingan teknis yang telah memasuki tahap keempat atau tahap terakhir pelaksanaan bimbingan teknis Smart City. 


Menurut Bupati, dalam sambutan tertulisnya itu, bahwa kegiatan bimtek tersebut dilaksanakan sesuai dengan Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani antara Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2021, oleh karena itulah dilaksanakan bimbingan teknis penyusunan Masterplan Smart City sebanyak empat tahap ini. 

"Saya harapkan, setiap program pemerintah harus bermanfaat langsung kepada masyarakat, karena Smart City bukan lagi pilihan tetapi wajib dijalankan, karena pembangunan setiap Pemerintah Daerah sudah harus menggunakan konsep Smart City," kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap, melalui kegiatan bimtek ini, kiranya semua OPD dan Kecamatan dan tentunya Pemkab Simalungun dapat bersinergi dalam membangun Kabupaten Simalungun untuk mewujudkan Simalungun Smart City.

Sebelumnya, Fazrul Rozi dari Kemenkominfo RI Habis dalam sambutannya antara lain menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemkab Simalungun melalui Dinas Kominfo, yang telah mengakomodir pelaksanaan Bimtek, mulai dari mengundang peserta dari tiap OPD, menyediakan tempat acara dan akomodasi peserta dan narasumber selama 4 x pelaksanaan Bimtek.

"Saya berharap smart city ini sukses di Kabupaten Simalungun," katanya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Simalungun dan Tim Dewan Smart City serta Tim Pelaksana Smart City Menuju Simalungun Smart City.*

(PN)

TerPopuler