Hari Kedua Piodalan di Pura Lempuyang Luhur Jatuh Pada Hari Umanis Galungan

Friday, November 12, 2021, 12:08 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Amlapura - Seperti biasa setiap enam bulan sekali, yaitu di hari Umanis Galungan adalah hari piodalan di Pura Lempuyang Luhur, yang terletak di Desa Tri Buana Kecamatan Abang Karangasem kini masuk hari Kedua (umanis odalan), Jumat (12/11/2021).

Umat Hindu biasanya membludak melaksanakan persembahyangan ke pura Lempuyang Luhur  namun pagi hari ini terpantau masih landai, mengingat situasi masih PPKM level-2 para petugas pengamanan sudah siap atensi kegiatan tersebut.

Personil Polsek Abang  bersama anggota Polres Karangasem yang terseprin bersinergi dengan Koramil Abang, Dinas Perhubungan dan Pecalang setempat tatap masih atensi melaksanakan pengamanan di Terminal Purwayu dalam rangka piodalan di Pura Lempuyang ,sementara itu masih terpantau pemedek sudah banyak yang datang  dan  arus Lalu lintas lancar.

Kapolsek Abang AKP I Kadek Suadnyana, S.H. saat dikonfirmasi mitra Humas via telephone seluler mengatakan, " Persiapan pengamanan dalam rangka piodalan di Pura Lempuyang Luhur, jauh sebelumnya kami dengan perangkat Desa termasuk dari instansi terkait berkali-kali mengadakan rapat dalam hal kami memberikan pelayanan terbaik kepada pemedek umat yang akan melaksanakan persembahyangan di pura Lempuyang Luhur, termasuk juga menyiapkan armada pengangkut pemedek dari parkir bawah untuk diangkut ke parkir atas karena di parkir atas sedikit bisa dipakai untuk parkir, "ujarnya.

Ditambahkannya, dari pengangkutan para pemedek sesuai kesepakatan hasil rapat, para pemedek membayar ongkos angkut Rp.30.000,- pulang pergi (PP), ini untuk kenyamanan kita bersama karena dari parkir bawah ke parkir atas cukup jauh dan medan yang berkelok-kelok.*
 
(Agung DP)

TerPopuler