Longser Sihobing Beserta Ratusan Massa HBB Gelar Aksi Damai di Kejati Sumut

Jumat, 26 November 2021, 11/26/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Aksi damai kembali lagi dilakukan ratusan massa Horas Bangso Batak (HBB) di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) di Jalan AH Nasution, Medan, Kamis (25/11/2021).

Aksi damai ini bertujuan untuk meminta keadilan kepada Kajati Sumut, terkait kasus kriminalisasi yang dialami oleh AKP (Purn) Longser Sihombing, yang tidak mau ditangguhkan pada tanggal 22 Desember 2016 dan dibuat BAP palsu. Saat itu, Longser Sihombing menjabat sebagai Kapolsek Sukarame Polres Pakpak Barat pada tahun 2016.

Tampak dalam spanduk yang dibentangkan dalam aksi damai tersebut tertulis "Purnawirawan Polisi Mencari Keadilan." 

Massa HBB juga meminta, agar Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) supaya turun dan menemui massa yang menggelar aksi damai, akan tetapi hanya Kasi Penkum yang menemui dan tampak di tolak oleh massa.


Dalam orasinya, Longser mengaku dikriminalisasi oleh sejumlah oknum di Kejati Sumut, oknum Dirreskrimum Polda Sumut hingga Propam Polda Sumut periode 2016.

"23 Desember 2016 saya di pidana jadi narapidana menerima suap yang sampai saat ini tidak pernah saya tandatangani," jelas Longser dalam orasinya.

Lanjut orasinya, "putusan 27 April 2017 seharusnya saya sudah bebas, tapi saya di vonis 11 bulan subsider Rp 50 juta, pada saat itu amar putusan berbunyi agar barang bukti dikembalikan ke Polda untuk penyelidikan selanjutnya," paparnya.

"Tujuan kami agar diperiksa terlibat langsung atau tidak Kajati di tahun 2016, dan juga diperiksa Aspidum dan Aspidsus karena saya lihat dari penahanan dan perpanjangan P19 tiba tiba dari Aspidum ke Aspidsus penahanan saya," papar Longser kembali.


Cukup lama juga, sekitar lebih kurang 7 jam dari pukul 10.00 hingga pukul 17.00 Wib pihak Kejati baru menemui massa. "Entah itu enggan atau memang tidak mau menemui kami, kami hanya minta ditemui Kajati," demikian orasi yang disampaikan massa HBB.

Pada akhirnya, massa diizinkan masuk melalui perwakilan, yaitu AKP (Purn) Longser Sihombing, S.H., M.H., Cdr., Kardiaman Silalahi (Ketua Satgas/Korlap), Lamser Sihombing (Humas DPP HBB), Dwi Simorangkir (Humas Satgas), Hendro Hutahaean (Ketua GM HBB), Pasaribu (Ketua DPK HBB Percut Sei Tuan), Birong Nababan (Wakil Ketua Satgas DPP HBB Sumut), yang diterima oleh perwakilan dari pihak Kajati Sumut Dwi Setyo Asintel, Y Tarigan (Kasipenkum), Eko Tristianto (Kasi A).

Setelah mediasi yang begitu hangat dan pihak massa meminta waktu satu minggu untuk kejelasan tuntutannya, Dwi Setyo lalau menerima apa yang dituntut dan disampaikan para peserta aksi.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada kami, dan akan kami sampaikan kepada Kajati dan kami upayakan semaksimal mungkin terkait Bapak Longser yang di zolimi," demikian kata Dwi.*

(Kotto)

TerPopuler

> Whatsapp-Button