Polres Banggai Kerahkan Ratusan Personil Sukseskan Pilkdes Serentak

Monday, November 22, 2021, 18:29 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Banggai - Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama, S.H., S.I.K., M.H. memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III tahun 2021 di Mapolres Banggai, Senin (22/11/2021). 
 
Hadir dalam kegiatan itu yakni Ketua Pengadilan Negeri Luwuk Andri Natanael Partogi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banggai Syamsul Bahri Mang, Asisten I Pemda Banggai Judi Amisudin, Danpom LB Kapten Cpm. M. Siregar, Danki Brimob II Yon B Iptu I Ketut Partayana, Danposal Luwuk Letda Laut Yusuf Wibowo, perwakilan Ketua Kejaksaan Negeri, Sekdis PMD dan para PJU Polres Banggai. 
 
Dalam amanatnya, AKBP Yoga mengatakan, bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak tahun 2021 pada tanggal 1 Desember 2021. 
 
"Baik aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya," ucap AKBP Yoga. 
 
AKBP Yoga menuturkan, mengingat pesta  demokrasi pada Pilkada serentak 2020,  dimana masyarakat Kabupaten Banggai telah mampu menunjukkan kesadaran yang cukup tinggi dalam menyampaikan aspirasinya, dalam rangka memilih kepala daerah tahun 2020, dimana secara umum pelaksanaan dapat dinilai berhasil dan sukses. 
 
"Hal ini berkat partisipasi seluruh warga masyarakat dan segenap komponen yang ada di Kabupaten Banggai. Hal tersebut  tentunya dapat dijadikan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan pemilihan Pilkades serentak gelombang ke-III di wilayah Kabupaten Banggai tahun 2021," ucap AKBP Yoga. 
 
Untuk pelaksanaan Pilkades, AKBP Yoga menyebutkan, Polres Banggai dan jajarannya serta didukung oleh Polda Sulteng, TNI dan Linmas serta stake holder telah siap mensukseskan dan mengamankan Pilkades serentak gelombang III tahun 2021, dengan rencana pengamanan yang didasari  perkiraan keadaan intelijen terhadap segala kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. 
 
"Dengan sasaran pengamanan seperti, calon dan penyelenggara Pilkades, kotak suara, surat suara, peralatan atau barang yang digunakan sebagai alat  penunjang Pilkades  tahun 2021, lokasi dan objek vital lainnya, serta kampanye dan pertemuan-pertemuan yang ada hubungannya dengan kegiatan Pilkades," sebut AKBP Yoga. 
 
Perwira pangkat dua melati ini mengungkapkan, pada Pilkades tahun 2021, jumlah desa yang melaksanakan Pilkades adalah 65 desa. Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengamanan Pilkades, Polres Banggai melibatkan  kekuatan  sebanyak 303 personil ditambah dengan kekuatan BKO dari Brimobda Sulteng sebanyak 1 peleton, TNI dan kekuatan Linmas 130 personil. 
 
"Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin biasa, sehingga  menjadikan kita cenderung under  estimate dan kurang waspada terhadap setiap  dinamika perkembangan di masyarakat," ucap AKBP Yoga. 
 
Apalagi, lanjut mantan Kapolres Sigi Polda Sulteng ini, dimasa pandemi Covid-19 saat ini, semua harus lebih peduli. Jangan  sampai kegiatan Pilkades tahun 2021 ini dapat menimbulkan kluster-kluster baru penyebaran Covid-19. 
 
"Untuk itu, saya harapkan seluruh Kapolsek mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah," terang AKBP Yoga. 
 
Sebelum mengakhiri sambutanya, AKBP Yoga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh hadirin dan undangan, atas kerjasama yang telah terjalin selama ini. Semoga dapat ditingkatkan lagi dimasa mendatang, sehingga keberadaan Polri dapat dirasakan oleh warga banggai yang kita cintai.  
 
"Marilah kita bersama-sama berkomitmen dengan dilandasi oleh dorongan moral yang tinggi, untuk membangun Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah khususnya, guna mendukung kemajuan dan pembangunan Bangsa dan Negara Republik Indonesia," tutup AKBP Yoga.*

(Yudi/Hms)

Editor : Taufiq

TerPopuler