Wakil Bupati Labusel Sampaikan Rancangan PPAS-APBD Pada Rapat Paripurna DPRD

Selasa, 16 November 2021, 21:59 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Labusel - Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H. Ahmad Fadli Tanjung, S.Ag. menyampaikan nota penjelasan atas rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), tahun anggaran 2022 pada rapat paripurna yang digelar di Gedung Dewan, Selasa (16/11/2021).


Hadir pada rapat paripurna tersebut, Ketua dan Anggota DPRD, Muspida, Sekda, Para asisten dan staf ahli Bupati, Pimpinan OPD, Para Camat dan Undangan lainnya.


Wabup mengatakan, Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun anggaran 2022 dengan tema "Pemilihan Ekonomi dan Reformasi Struktural" fokus pembangunan diarahkan kepada pemulihan.


Dikatakan, pemulihan menyasar industri pariwisata, ketahanan pangan UMKM, infrastruktur, transformasi digital, pembangunan rendah karbon, investasi, reformasi sistem kesehatan, reformasi perlindungan sosial, pendidikan dan ketrampilan dan reformasi kesehatan.



"Melalui Rancangan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2022, prioritas pembangunan Labusel memperkuat ketahanan ekonom, mengembangkan wilayah, meningkatkan SDM, revolusi mental, kebudayaan, memperkuat infrastruktur, lingkungan hidup, stabilitas politik, hukum pertahanan Keamanan dan tranformasi pelayanan publik," papar Wabup.


Disebutkannya, Pendapatan Daerah pada rancangan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2022 diproyeksikan sebesar Rp.880. 816.782.992 Milyar, dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar Rp.920.601.159.578 Milyar, berkurang sebesar Rp.39.784.376.585 Milyar atau 4,32 persen.


Dikatakannya, Rancangan KUA dan PPAS APBD yang diajukan belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan semua pihak, sehingga katanya diperlukan pengkajian dan pembahasan bersama antara Pemkab dengan DPRD, agar anggaran yang diajukan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Labuhanbatu Selatan.


"Demikian garis-garis besar rancangan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2022 telah kami utarakan, selanjutnya kami berharap rancangan ini dapat segera dibahas," imbuh Wabup.


Wabup berharap rancangan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2022 dapat diterima melalui nota kesepakatan antara Pemkab dan DPRD, untuk mewujudkan kesejahteraan daerah dan masyarakat Labuhanbatu Selatan.*


(K. Sipahutar)

TerPopuler