Bupati Klungkung Pimpin Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Agung 2021 dan Menjelang Nataru

Thursday, December 23, 2021, 19:28 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Klungkung - Kesiapan menyambut Nataru (Natal dan Tahun Baru)  tanggal 25 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, S.Pd,. M.M., memimpin kegiatan apel gelar pasukan Operasi Lilin Agung tahun 2021 dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Lilin Agung-2021 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022”.

Didampingi Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., dan Dandim 1610/Klungung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, S.H., M.S., bertempat di Halaman Mapolres Klungkung, Kamis,  (23/12/2021).

Dalam Kegiatan Apel gelar pasukan Ops Lilin Agung 2021 turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Shirley Manutede, S.H., M.Hum, Ketua Pengadilan Kabupaten Klungkung Putu Endru Sonata, S.H., M.H., Kepala Dinas Kesehatan dr. Ni Made Adi Swapatni, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada, Kasat Pol PP I Putu Surta dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung I Nyoman Sucitra serta Wakapolres Klungkung Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi, S.I.P., M.M., bersama dengan Pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran Polres Klungkung yang diikuti oleh 1 Pleton dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan BPBD Kabupaten Klungkung.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melalui amanatnya dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa, marilah kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar, karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya, hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan, untuk hadir dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta  keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya.


"Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan  perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19," jelas Bupati Klungkung mengutip sambutan Kapolri.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021,  yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Mulai 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, dengan  mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

"Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga  masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman, harapnya.

"Setelah selesai melaksanakan Apel gelar pasukan Operasi Lilin Agung 2021 Forkopimda Kabupaten Klungkung melakukan pemusnahan barang bukti berupa miras yang tidak memiliki ijin edar serta knalpot brong / Knalpot tidak standar hasil sitaan dari bulan Juni hingga desember ini karena mengganggu ketertiban umum dengan suara bisingnya," ucap AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H.

Selanjutnya melakukan patroli skala besar dengan mengecek Gereja di wilayah Klungkung seperti Gereja Santa Sisilia di Jalan Dewi Sartika dan Gereja Kemah Injil, Jalan Menuh Kelurahan Semarapura Klod untuk memastikan kondisi jelang Nataru ini aman dan kondusif dan pastikan Disiplin dalam Protokol Kesehatan.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler