Menyasar Kaum Millineal, FGD Polres Palu Mendapat Dukungan Divhumas Polri

Thursday, December 23, 2021, 12:03 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Palu - Menyasar generasi millineal, Polres Palu menggelar Focus Gruop Discussion (FGD) dengan mengangkat tema "Meneguhkan Soliditas Untuk Membasmi Terorisme".

FGD digelar di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palu dan mendapatkan dukungan dari tim Divisi Humas Polri, dengan mengirimkan narasumber yang juga dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Mohammad Nur Ahsan, S.Th.i., M.Si., Rabu (22/12/2021).

Turut hadir Ketua Tim Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Selamet Widodo bersama rombongan, didampingi Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari, Wakapolres Palu Kompol Yardin Kamril, S.H., Kepala Sekolah MAN 1 Palu Dra. Hj. Zainak serta para siswa MAN 1 Palu.

Dalam paparannya, Mohammad Nur mengatakan, gerakan teror kerap menyasar generasi muda, terutama generasi millenial dan zillenial. 

"Oleh sebab itu, dua generasi ini perlu dibekali pengetahuan tentang keislaman dan kebangsaan, agar dapat terlibat aktif dalam menghapus ruang radikalisme dan terorisme," ungkapnya. 

Dosen UIN Datokarama Palu ini juga mengharapkan, generasi muda perlu diingatkan, bahwa selain ikatan kepada Tuhan, setiap manusia terikat dengan perjanjian antar sesama manusia atau hablum minan nas. 


Ikatan perjanjian itu, dalam konteks Indonesia, adalah Sumpah Pemuda dan Pancasila. 

Merupakan suatu kewajiban sebagai Muslim untuk memegang teguh janji mereka merawat bangsa yang sudah ditakdirkan oleh Allah sebagai bangsa yang beragam, Bhineka Tunggal Ika.

"Kita harus memberikan ruang untuk perbedaan, jangan sampai perbedaan menjadikan pertikaian," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kabidhumas diwakili Kasubbidpenmas Kompol Sugeng Lestari mengatakan kegiatan FGD ini untuk memberikan pemahamanan bahaya radikalisme dan teroris kepada keompok millineal. 

Dalam program prioritas Kapolri terdapat Satgas Banops, utamanya untuk melakukan publikasi kegiatan-kegiatan kontra radikal yang dilakukan satuan wilayah.

"Sehingga, Divhumas Polri selaku pelaksana liputan kontra radikal berkepentingan dengan mendukung dengan menghadirkan narasumber dan membantu publikasi," Sugeng.

(Yudi/Hms)

TerPopuler